Pengaruh Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi

Penulis

Endah Febri Setiya Rini , Gunawan Wibisono , Auliya Ramadhanti , Nadia Natalia Simamora , Diki Chen

DOI:

10.29303/jpft.v6i2.2211

Diterbitkan:

2020-12-19

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2020): Juli-Desember

Kata Kunci:

Attitude, Independence, Learning Achievement

Articles

Cara Mengutip

Setiya Rini, E. F., Wibisono, G., Ramadhanti, A., Simamora, N. N., & Chen, D. (2020). Pengaruh Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(2), 256–263. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2211

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the relationship and effect of independent learning on student achievement in physics class XI MIA at SMA Negeri 11 Kota Jambi. This research uses quantitative research and the method used in this research is the survey method. The data analysis technique used the SPSS application, by performing the normality test, correlation test, and simple linear regression test. From the results of the tests that have been done, it is obtained that the Pearson correlation is 0.936 which means that it is included in the very strong correlation category. Then, based on the simple linear regression test, the regression equation Y = -52,165 + 1,283 X was obtained. From the analysis, it was found that t hit = 18,420 and t table = (0.05 / 2: nk-1) = (0.05 / 2: 50-1-1) = 2,011. From these results it can be seen that the t hit> t table, namely 18,420> 2,011. So, it can be concluded that learning independence in physics has an effect on student achievement. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that the independent attitude of students in learning physics has a correlation and is very influential on student achievement, especially in the cognitive aspect.

Referensi

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126-143.

Asââ¬â¢ari, Ruli. (2018). Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Melestarikan Lingkungan Hubungannya dengan Perilaku Menjaga Kelestarian Kawasan Bukit Sepuluh Ribu di Kota Tasikmalaya. Jurnal GeoEco. 4(1).

Antia. (2020). Modul Mata Kuliah Biostatistik. Jakarta Barat : Universitas Esa Unggul.

Asââ¬â¢ari, Ruli. (2018). Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Melestarikan Lingkungan Hubungannya dengan Perilaku Menjaga Kelestarian Kawasan Bukit Sepuluh Ribu di Kota Tasikmalaya. Jurnal GeoEco. 4(1).

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43.

Azmi, M. K., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2017). Pengaruh model problem based learning dengan metode eksperimen dan diskusi terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari sikap ilmiah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 86-94.

Prayekti., Budiman, M, H., Budi, L, U. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Bidikmisi Masa Registrasi 2016.1. Prisiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII.

Ekasari, Ria R., Gunawan., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboratorium Terhadap Kreatifitas Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 106-110.

Erdemic, N. (2009). Determining Student Attitude Toward Physics Through Problem Solving Strategy Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 1-19.

Harahap, M., & Fachrurrozi, T. S. (2016). Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Ekonomi Siswa Kelas XI Sma Budisatrya Medan Tp 2016/2017, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1), 13-20.

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis moodle. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 197-206.

Hulu, Victor T., & Sinaga, Taruli R. (2019). Analisis Data Statistik Parametrik Aplikasi SPSS dan Statcal. Sumatera Utara : Yayasan Kita Menulis.

Idris, N. W. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(1).

Kadir. (2015). Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA). Jakarta: Kemdikbud.

Kurniawan, D. A., & Astalini, A. (2019). Evaluasi sikap siswa smp terhadap ipa di kabupaten muaro jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 124-139.

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 33-39.

Mafudiansyah, M. (2020). ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 3 MAKASSAR. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(1).

Nurhikmah, N., Gunawan, G., & Ayub, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulation Based Laboratory (Sbl) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sman 1 Montong Gading. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 16-22.

Pebriyanti, D., Sahidu, H., & Sutrio. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1 (2), 92-96.

Pitriah, P., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 283-290.

Rahmayani, F. (2019). Hubunngan antara Karakter Mandiri Beelajar dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 87-92.

Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran fisika berbasis portofolio. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 1(1).

Safitri, E., Kosim, A. H., & Harjono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 197-204.

Sari, A. Q, Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168-177.

Sari, R. I. (2019). Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII MAN 1 Batang Hari. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 296-304.

Susanna., Ani, P., & Hamid Abdul. (2020). Analisis Tingkat Kesulitan Soal Try Out Fisika SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 6(2), 193-197.

Sutomo, W., & Milyani, V. (2019). Mengidentifikasi Karakter ââ¬ÅMenghargai Prestasiââ¬Â Peserta Didik Kelas VIII SMP N 5 Muaro Jambi. Publikasi Pendidikan, 9(2), 110-116.

Thahir, F., Herman, H., & Khaeruddin, K. (2019). KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 24 BONE. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 15(1).

Winada, Rila Pratiwi Saskia. (2019). Penerapan Media E-Learning Tipe Web Centric Course dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gelombang Bunyi Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi. Tidak dipublikasi, Universitas Jambi.

Yatmono, Yulianti, D., & Akhlis, I. (2013). Bahan Ajar Fisika Online untuk Mengembangkan Kemandirian dan Minat Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kalor. Unnes Physic Education Journal, 2 (2), 1-7.

Biografi Penulis

Endah Febri Setiya Rini, Universitas Jambi

Gunawan Wibisono, Universitas Jambi

Auliya Ramadhanti, Universitas Jambi

Nadia Natalia Simamora, Universitas Jambi

Diki Chen, Universitas Jambi

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 22 23 24 25 26 27 28 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.