Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa SMA Pada Materi Elastisitas

Penulis

Fahmi Yahya , Syarif Fitriyanto

DOI:

10.29303/jpft.v2i3.426

Diterbitkan:

2018-01-04

Terbitan:

Vol 2 No 3 (2016): Juli

Kata Kunci:

problem based learning, interactive simulation, science generic skill

Articles

Cara Mengutip

Yahya, F., & Fitriyanto, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa SMA Pada Materi Elastisitas. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(3), 136–141. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.426

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The aim of this study is to examine the effects of problem based learning model assist with interactive simulation to science generic skill of students. This is an experimental research with pretest-posttest control group design. Data were collected by using generic skill achievement test and analyzed by using mean-difference test and calculating normalized gain scores. Research finding showed that there is significance difference between experimental group and control group. Moreover, mean value for the experimental group is higher than control group. Problem based learning model assist with interactive simulation is better in improving student science generic skill than without interactive simulation.

Referensi

Gunawan. (2008). ââ¬ÅPembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru Fisikaââ¬Â. Jurnal Pijar MIPA, III (1): 1-5.

Herayanti, L., Habibi. (2015). ââ¬ÅModel Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisikaââ¬Â. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1): 61-66.

Nur, Muhammad. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Gunawan. (2011). ââ¬ÂModel multimedia interaktif elastisitas dan implikasinya terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis mahasiswaââ¬Â. Jurnal Kependidikan, 10 (1).

Brotosiswoyo, B.S. (2001). Hakikat Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi: Fisika. Jakarta: PAU-PPAI Dirjen Dikti Depdiknas.

Herayanti, L. (2012). ââ¬ÅModel Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswaââ¬Â. Jurnal Kependidikan, Vol 11 No. 1.

Arikunto,Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.