Pengembangan E-Book Berbasis Android dengan Soal HOTS untuk Membantu Menganalisis Besaran Pada Materi Gerak Lurus

Penulis

Wahyudha Tri Setiyoaji , Edi Supriana , Yoyok Adisetio Laksono

DOI:

10.29303/jpft.v6i1.1725

Diterbitkan:

2020-04-24

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2020): Januari-Juni

Kata Kunci:

Electronic Media, Linear Motion, Android

Articles

Cara Mengutip

Setiyoaji, W. T., Supriana, E., & Laksono, Y. A. (2020). Pengembangan E-Book Berbasis Android dengan Soal HOTS untuk Membantu Menganalisis Besaran Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(1), 114–120. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1725

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The integration between interactive media and HOTS question could give a big impact on learning process in class room, especially on learning interest and student concept understanding. Android is a learning media that could save more information and questions like ebook. This study was conducted to determine the feasibility of an Android-based electronic book with High Order Thinking Skills to Help Students Analyze Amounts on Straight Motion Material. This research method was used in the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, and evaluation). The electronic book was tested for validation by the validator with an average value of 3.94 and the module readability test with respondents of 25 students who obtained an average value of 96%. Based on the data obtained, it can be conclude that the electronic book has decent criteria.

Referensi

Anderson, & Krathwohl. (2009). A revision of Bloomââ¬â¢s Taxonomy. American Journal of Psychology. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. In How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1517/17460441.2012.733692

Bunawan, W., Setiawan, A., Rusli, A., & . N. (2017). Penilaian Pemahaman Representasi Grafik Materi Optika Geometri Menggunakan Tes Diagnostik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 257ââ¬â267. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4830

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170ââ¬â176.

Erfan, M., & Ratu, T. (2018). Pencapaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Universitas Samawa. Jurnal Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, 4(2). https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Eskawati, S. Y., & Sanjaya, I. G. M. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas. Unnes Physics Education Journal, (2), 46ââ¬â53.

Herayanti, L., Gummah, S., Sukroyanti, B. A., Gunawan, G., & Makhrus, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Meggunakan Media Moodle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 158. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.803

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII(2), 1ââ¬â10.

Mutia, S. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Reading Guide Terhadap Kemahiran Membaca Intensif Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Journal Universitas Maritim Raja Haji, (6), 67ââ¬â72.

Paul, S. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Miskonsepsi Dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.1177/1368431018760947

Peniati, E. (2012). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Ipa Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8ââ¬â15.

Pujianto, A. (2013). Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus. Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(1), 16ââ¬â21. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/2370

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i1.958

Shaffer, P. S., & McDermott, L. C. (2005). A research-based approach to improving student understanding of the vector nature of kinematical concepts. American Journal of Physics, 73(10), 921ââ¬â931. https://doi.org/10.1119/1.2000976

Singh, C., & Schunn, C. D. (2009). Connecting Three Pivotal Concepts in K-12 Science State Standards and Maps of Conceptual Growth to Research in Physics Education. Journal of Physics Teacher Education.

Sunantri, A., Suyatna, A., & Rosidin, U. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1), 107ââ¬â117.

Syarifah, T. J., Usodo, B., & Riyadi. (2018). Higher Order Thingking (HOT) Problems To Develop Critical Thinking Ability And Student Self Efficacy In Learning Mathematics Primary Schools. National Seminar on Elementary Education (SNPD 2018), 1(Snpd), 917ââ¬â925.

Taqwa, M. R. A., Utami, Y. A., & Rivaldo, L. (2019). Pengembangan Buku Siswa Elektronik Berbasis Android Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Persiapan Ujian Nasional SMA / MA. Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(1), 225ââ¬â234.

Uzun, M. S., Sezen, N., & Bulbul, A. (2012). Investigating Studentââ¬â¢s Abilities Related to Graphing Skill. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(1990), 2942ââ¬â2946. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.594

Wu, Ming-der & Chen, Shih-chuan. 2011. Graduate studentsââ¬Âº usage of and attitudes towardse-books: experiences from Taiwan. Program: Electronic Library and Information Systems.45 (3): 294 - 307.

Biografi Penulis

Wahyudha Tri Setiyoaji, Universitas Negeri Malang

Department Of Physics

Edi Supriana, Universitas Negeri Malang

Yoyok Adisetio Laksono, Universitas Negeri Malang

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.