Penerapan Model Concept Teaching Pendekatan Concept Attainment untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Fisika Siswa Kelas Viii1 Smp Negeri 5 Kendari pada Materi Pokok Usaha dan Energi

Penulis

La Sahara

DOI:

10.29303/jpft.v1i2.244

Diterbitkan:

2017-03-14

Terbitan:

Vol 1 No 2 (2015): April

Kata Kunci:

concept teaching model, concept attainment approach, learning activity, concept understanding.

Articles

Cara Mengutip

Sahara, L. (2017). Penerapan Model Concept Teaching Pendekatan Concept Attainment untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Fisika Siswa Kelas Viii1 Smp Negeri 5 Kendari pada Materi Pokok Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 1(2), 108–112. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.244

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aims to describe an increase the activity of learning and concept understanding of physics science by application the concept teaching model to the concept attainment approach on the subject matter work and energy. àThe research is classroom action research with the subject is grade VIIIF SMPN 5 Kendari which consisting of 33 students. Data obtained from the observation sheet and the concept understanding tests. Technique of data analysis is calculates the average score learning activities, the average value of the concept understanding and determine student learning success each cycle. Results of the research that this approach can increase the activity of student learning and concept understanding of physics science at students. An average score of learning in cycle I of a 2,8 increase to 3,5 on cycle II. The same as,à the average value of concept understanding physics science in cycle I of 66,9 increased to 79,2 on cycle II. The percentage of student learning success is also on the cycle I of 48,5% increase to 87,9% in cycle II, with a value of KKM determinated from school of 70. Thus, the application of the concept attainment approach is one of the right alternative solutions to increase of the students concept understanding of physics science especially on the subject matter work and energy. Therefore, expected that teacher can implemented the concept attainment approach in concept physics that contains the definition of the concept, characteristics, atributtes and relationships between concepts are the students more easily understand the conceptà of physics well.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).