Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Praktikum Fisika Dasar I Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Uin Alauddin Makassar

Penulis

Anas Irwan , Muhammad Arsyad , Kaharudin Arafah

DOI:

10.29303/jpft.v4i2.763

Diterbitkan:

2018-11-01

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2018): Juli-Desember 2018

Kata Kunci:

Assessment instrument, Basic Physics I practicum

Articles

Cara Mengutip

Irwan, A., Arsyad, M., & Arafah, K. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Praktikum Fisika Dasar I Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Uin Alauddin Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(2), 168–175. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.763

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research is a development research (research and development) which aims to analyze the results of the development of the instrument of assessment of Basic Physics I practicum for students majoring in Physical Education UIN Alauddin Makassar theoretically and empirically in order to obtain a valid, reliable and feasible assessment. The development of assessment instruments refers to the design of test instrument development according to Kaharuddin Arafah which consists of 7 steps of development, namely: (1) Determining the measuring scale, measuring objectives and construction of measuring instruments, (2) Construction outcome measuring instruments, (3) Validation of contents, (4) Temporary measuring instruments, (5) Target of respondents for the trial, (6) Reliability, and (7) Measuring instruments ready for use. This research was tested in the Department of Physics Education Semester I 2016/2017 UIN Alauddin Makassar. The results of the study were obtained from the Basic Physics I practicum assessment instrument that produced 8 valid items, theoretically with reliability 1.0 and empirically reliability of 73.60%. The results of the study were obtained from the practicum assessment instrument that was declared valid and reliable and feasible to be used as a standard assessment instrument in the Department of Physics Education, UIN Alauddin Makassar.

Referensi

Arafah, Kaharuddin. 2016. Makalah Teori dan Evaluasi Pembelajaran. Makalah di sajikan Seminar Program Studi Pendidikan Fisika, Pps UNM Makassar Tahun 2016.

Fitria, Piniliah, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penilain Produk pada Pembelajaran IPA untuk SMP. Jurnal Pendidikan Fisika (Online), Univ.Sebelas Maret Surakarta, 1(2), 23.

Gil-Madrona, P., Samalot-Rivera, A., & Kozub, F. M. (2016). Acquisition and transfer of values and social skills through a physical education program focused in the affective domain. Motricidade, 12(3), 32-38.

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, Muhammad, & Habibi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3 (2), 197-206.

Ibrahim, Misykat Malik. 2012. Pengembangan Instrumen Pengukur Kecerdasan Emosional Siswa Berbakat Intelektual. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 3(2), 1-21.

Isabel D. 2017. Indeks Pembangunan Manusia Meningkat tetapi Kesenjangan Masih Tetap Ada. Diakses 27 Mei 2017. www.undp.org/content/indonesia-s-human-development-indekx-rises-but-inequality-remains-html.

Novitasari, S. & Lisdiana. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Dan Psikomotor Pada Mata Kulaih Praktikum Struktur Hewan. Unnes Jounal of Biology Education (Online), 4(1).

Retnawati, H. 2016. Validitas Reliabilitas & Karakteristik Butir (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa dan Psikometri). Yogyakarta: Parama Publishing.

Riskawati. 2015. Pengembangan Perangkat Authentic Assessment dalam Praktikum Fisika Modern Prodi Pendidikan Fisika Unismuh Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Rustam. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Praktik Mengajar Mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka. Sinopsis Disertasi. Tidak diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana UNJ.

Sahidu, Hairunnisyah, dkk. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pada Kreativitas Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 1 ââ¬â 6.

Sudria, Nyoman, I. B & Manimpa. 2009. Pengembangan Rubrik Penilaian Keterampilan Dasar Praktikum. Jilid 42. No.3 Oktober 2009, Halaman 222-233.

Sutrio, S., Gunawan, Harjono, A., & Sahidu, H. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Eksperimen Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 131-140.

Usman. 2014. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Praktikum Fisika Pada Peserta Didik SMP Unismuh Makassar), Jurnal Pendidikan Fisika UNM, 10(3), 274 ââ¬â 284.

Widoyoko, S & Putro, E. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Biografi Penulis

Anas Irwan

-

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.