PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU MADRASAH DI KOTA MATARAM

Gunawan Gunawan, Ahmad Harjono, Hairunnisyah Sahidu

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan bagian penting dalam sebuah pembelajaran. Perangkat pembelajaran inovatif akan membantu guru mencapai tujuan dan target yang ditetapkan dalam pembelajaran. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan pembinaan dan pendampingan bagi guru-guru madrasah dalam menyusun perangkat pembelajaran inovatif termasuk penggunaan media pendukungnya untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu 1) Koordinasi dengan semua pihak terkait, termasuk dengan sekolah dan guru yang akan menjadi peserta kegiatan; 2) Pelatihan tentang penyusunan perangkat pembelajaran inovatif; 3) Pendampingan dalam penerapan perangkat dalam pembelajaran; 4) Focus group discussion pada beberapa masalah yang terjadi, solusi dan rencana tindak lanjutnya. Pada tahap ini juga dilakukan evaluasi kegiatan secara menyeluruh. Target dari kegiatan ini adalah guru-guru madrasah dapat menyusun perangkat pembelajaran inovatif termasuk instrumen evaluasi yang tepat, dapat menggunakan, dan membuat perangkat pendukungnya untuk mendukung pembelajaran. Pada kegiatan ini juga dilakukan pengujian empiris untuk mengukur efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan terhadap peningkatan kreativitas siswa. Secara umum, kegiatan ini telah terlaksana dengan baik, diikuti dengan sangat antusias oleh guru.

Full Text:

PDF

References

Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 159-163.

Asril, Z. 2012. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, S. B., & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekasari, R. R., Gunawan, G., & Sahidu, H. 2017. Pengaruh Model pembelajaran langsung berbantuan media laboratorium terhadap kreatifitas fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 106-110.

Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H., Nisrina, N. 2018. Improving students’ creativity using cooperative learning with virtual media on static fluida concept. In Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1006, No. 1, p. 012016. IOP Publishing

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., Sugiana, I. N., Suranti, N. M. Y., Nisrina, N., ... & Arianti, B. I. (2017). Laboratorium Virtual dan Aplikasinya dalam Pembelajaran fisika. Mataram: Arga Puji Press

Gunawan, G., Setiawan, A., & Widyantoro, D. H. (2014). Model virtual laboratory fisika modern untuk meningkatkan keterampilan generik sains calon guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 20(1), 25-32.

Gunawan,G. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Gunawan,G. (2017). Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Sains. Mataram: Arga Puji Press

Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 129-135.

Herayanti, L., & Habibi, H. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66.

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 116-122.

Lindstrom, C. and Sharma, M. D. (2009). Link Maps and Map Meetings: Scaffolding Student Learning. Physics Review Special Topics-Physics Education Research 5,010102.

Listiawati, W, Gunawan, dan Sutrio. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 1 Pujut. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. I No.1, 82-86.

Mason, A., & Singh, C. 2016. Using categorization of problems as an instructional tool to help introductory students learn physics. Physics Education, 51(2), 025009.

Niami, K., Kosim, K., & Gunawan, G. 2018. Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 220-225.

Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. 2017. Pembelajaran kooperatif dengan media virtual untuk peningkatan penguasaan konsep fluida statis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 66-72.

Prasetyo, Z. K., Wahyana, Mundilarto, Subiakto, & Abdullah, A. A. 2004. Materi Pokok Kapita Selekta Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sahidu, H., & Gunawan, G. 2019. Evaluasi Pendidikan Abad 21. Mataram: Arga Puji Press

Sahidu, H., Gunawan, G., Indriaturrahmi, I., & Astutik, F. 2017. Desain Sistem E-Assessment pada Pembelajaran Fisika di LPTK. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 265-270.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. 2017. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 176-182.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 61-65.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. 2017. Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.