PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU MADRASAH DI KOTA MATARAM
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 159-163.
Asril, Z. 2012. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Djamarah, S. B., & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekasari, R. R., Gunawan, G., & Sahidu, H. 2017. Pengaruh Model pembelajaran langsung berbantuan media laboratorium terhadap kreatifitas fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 106-110.
Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H., Nisrina, N. 2018. Improving students’ creativity using cooperative learning with virtual media on static fluida concept. In Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1006, No. 1, p. 012016. IOP Publishing
Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.
Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., Sugiana, I. N., Suranti, N. M. Y., Nisrina, N., ... & Arianti, B. I. (2017). Laboratorium Virtual dan Aplikasinya dalam Pembelajaran fisika. Mataram: Arga Puji Press
Gunawan, G., Setiawan, A., & Widyantoro, D. H. (2014). Model virtual laboratory fisika modern untuk meningkatkan keterampilan generik sains calon guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 20(1), 25-32.
Gunawan,G. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Gunawan,G. (2017). Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Sains. Mataram: Arga Puji Press
Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 129-135.
Herayanti, L., & Habibi, H. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66.
Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 116-122.
Lindstrom, C. and Sharma, M. D. (2009). Link Maps and Map Meetings: Scaffolding Student Learning. Physics Review Special Topics-Physics Education Research 5,010102.
Listiawati, W, Gunawan, dan Sutrio. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 1 Pujut. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. I No.1, 82-86.
Mason, A., & Singh, C. 2016. Using categorization of problems as an instructional tool to help introductory students learn physics. Physics Education, 51(2), 025009.
Niami, K., Kosim, K., & Gunawan, G. 2018. Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 220-225.
Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. 2017. Pembelajaran kooperatif dengan media virtual untuk peningkatan penguasaan konsep fluida statis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 66-72.
Prasetyo, Z. K., Wahyana, Mundilarto, Subiakto, & Abdullah, A. A. 2004. Materi Pokok Kapita Selekta Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sahidu, H., & Gunawan, G. 2019. Evaluasi Pendidikan Abad 21. Mataram: Arga Puji Press
Sahidu, H., Gunawan, G., Indriaturrahmi, I., & Astutik, F. 2017. Desain Sistem E-Assessment pada Pembelajaran Fisika di LPTK. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 265-270.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. 2017. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 176-182.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 61-65.
Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. 2017. Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.