PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI GURU IPA FISIKA DI LOMBOK BARAT
Authors
Gunawan Gunawan , Ahmad Harjono , Hairunnisyah Sahidu , I Wayan GunadaDOI:
10.29303/jppm.v2i1.1030Published:
2019-01-27Issue:
Vol. 2 No. 1 (2019): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melakukan penelitian terkait teknologi informasi termasuk perangkat pendukungnya untuk pembelajaran yang efektif. Beberapa multimedia interaktif telah dihasilkan, virtual eksperimen berupa simulasi komputer, hingga e-assessment untuk mendukung evaluasi pembelajaran secara online. Hasil penelitian tersebut harus didesiminasikan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mendesiminasikan hasil penelitian yang sudah dilakukan tersebut, sekaligus melatih guru-guru IPA agar dapat memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang. Hal ini penting dilakukan agar guru-guru melek teknologi dan dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik untuk untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas masing-masing. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan, dari koordinasi hingga focus group discussion pada beberapa masalah yang terjadi, solusi dan rencana tindak lanjutnya. Pada tahap ini juga dilakukan evaluasi kegiatan secara menyeluruh. Guru memberikan respon yang positif terhadap kegiatan yang dilaksanakan dan berharap bisa tetap dilanjutkan. Tindak lanjutnya berupa penelitian bersama dan pendampingan hingga publikasi ilmiah bersama antara peserta dan tim pelaksana.References
Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 159-163.
Burke, K.A. 1998. ââ¬ÅDeveloping and Using Conceptual Computer Animation for Chemistry Instructionââ¬Â. Journal of Chemical Education Vol.75 Iowa State University.
Finkelstein, et al. 2005. ââ¬ÅWhen Learning About the Real World Is Better Done Virtually: A Study of Subtituting Computer Simulations for Laboratory Equipmentââ¬Â. Physics Education Research. APS (1) 1 ââ¬â 8.
Gunawan, G. 2015. Model Pembelajaran Sains berbasis ICT. Mataram: FKIP Unram Press
Gunawan, G., & Liliasari, L. (2012). Model virtual laboratory fisika modern untuk meningkatkan disposisi berpikir kritis calon guru. Cakrawala Pendidikan, 31(2). 185ââ¬â 199.
Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. 2016. Laboratorium Virtual Fisika dan Implikasinya pada Penguasaan Konsep Optik Mahasiswa. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) Vol. 1, pp. 65-70.
Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Herayanti, L. 2017. Virtual Laboratory of Electricity Concept to Improve Prospective Physics Teachersââ¬â¢ Creativity. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 102-111.
Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Herayanti, L. 2017. Virtual Laboratory to Improve Studentsââ¬â¢ Problem-Solving Skills on Electricity Concept. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 257-264.
Gunawan, G., Nisrina, N., Suranti, N. M. Y., Herayanti, L., & Rahmatiah, R. 2018b. Virtual Laboratory to Improve Studentsââ¬â¢ Conceptual Understanding in Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1108 (1), p. 012049.
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. 2017b The Effect of Project Based Learning With Virtual Media Assistance on Studentââ¬â¢s Creativity in Physics. Cakrawala Pendidikan, 36(2), 167-179.
Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., Nisrina, N., Herayanti, L., & Rahmatiah, R. 2018c. The effect of virtual lab and gender toward studentsââ¬â¢ creativity of physics in senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1108 (1), p. 012043.
Gunawan, Harjono, A., Sahidu, H., & Nisrina. 2018a. Improving studentsââ¬â¢ creativity using cooperative learning with virtual media on static fluida concept. Journal of Physics: Conference Series. 1006 (1), p. 012016.
Herayanti, L., & Habibi, H. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66.
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. 2017. Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.
Ivers, Karen & Barron, Ann. 2002. Multimedia Projects In Education: Designing, Producing, and Assessing. Westport, CT: A Division of Greenwood Publishing Group, Inc.
Jufri, A.W., Gunawan & Purwoko, A.A. 2012. ââ¬ÅPemetaan Kompetensi Siswa SMA Pada Bidang IPA di Kabupaten Sumbawaââ¬Â. Jurnal Kependidikan, 11(1), 87 ââ¬â 94.
Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 116-122.
Setiawan, A. 2012. Pemanfaatan ICT untuk Pembelajaran Sains. Makalah disampaikan pada acara Workshop Pengembangan Media berbasis ICT, Mataram, 27 ââ¬â 28 Januari 2012.
Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 61-65.
Sumaji. 1998. Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius.
Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.
Zacharia, Z. 2003. ââ¬ÅThe Effects of an Interactive Computer-Based Simulation Prior to Performing a Laboratory Inquiry-Based Experiment on Studentsââ¬â¢ Conceptual Understanding of Physicsââ¬Â. American Journal of Physics, 71(6), 618ââ¬â629.
Zamroni. 2001. Peran Kolaborasi Sekolah ââ¬â Universitas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Indonesia. Makalah, disampaikan pada National Seminar on Science and Education. Faculty of Science and Mathematics. Bandung August 21, 2001.
License
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).