PGSD UNTUK NEGERI: TERAPI BERMAIN SEBAGAI BENTUK TRAUMA HEALING BAGI ANAK-ANAK KORBAN GEMPA LOMBOK

Darmiany Darmiany, Awal Nur Kholifatur Rosyidah, I Nyoman Karma, Hari Witono, Husniati Husniati, I Ketut Widiada

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini yaitu 1) sebagai bentuk aksi dan kontribusi nyata Tridharma Perguruan Tinggi mahasiswa dan dosen PGSD untuk masyarakat; 2) trauma healing sebagai wujud tanggap bencana yang bertujuan untuk mengurangi gangguan psikologis yang sedang dialami korban bencana gempa bumi, yaitu siswa-siswi SDN 7 Pemenang Barat Lombok Utara; 3) kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan yang diselingi tanya jawab, terapi bermain (play therapy), dan self motivation yang syarat akan muatan edukasi. Adapun hal yang perlu ditindaklanjuti berdasarkan hasil kegiatan yaitu: 1) penyembuhan trauma pada anak-anak pasca bencana membutuhkan proses berkesinambungan; 2) pendekatan yang dapat dilakukan berupa pemberian bantuan psikologis awal yaitu memberi ruang bagi korban untuk menyampaikan rasa takut yang dialami; 3) terapi bermain bagi anak-anak penting dilakukan di bawah pengawasan orang tua; 4) kerjasama yang berkelanjutan antara pemerintah desa Pemenang Barat dengan Universitas Mataram dalam berbagai bidang yang saling memberikan kontribusi positif.

Full Text:

PDF

References

Endah Nawangsih. 2014. Play Therapy Untuk Anak-anak Korban Bencana Alam Yang Mengalami Trauma (Post Traumatic Stress Disorder/PTSD). Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 164-178.

Esther Giller. Sidran Institute. 2018. What is Psychological Trauma? (Online), (https://www.sidran.org/resources/for-survivors-and-loved-ones/what-is-psychological-trauma/), diakses pada tanggal 24 November 2018.

Wilani, N.M.A., Widiasavitri, P.N. & Marhaeni, A. 2017. Bahan Ajar Psikologi Bermain. Denpasar. Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana.

Khalika, N.N. 2018. Apa Saja Tahap Trauma Healing Pasca-Bencana?. (Online), (https://tirto.id/apa-saja-tahap-trauma-healing-pasca-bencana), diakses pada tanggal 31 Januari 2019.

Susan Scheftel. Psychology Today. 2016. Play Therapy. (Online), (https:/psychologytoday.com/intl/therapy-types/play-therapy%3fampes/), diakses pada tanggal 31 Januari 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.