PELATIHAN PEMANFAATAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL (UN) MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD DI LOMBOK BARAT

Laila Hayati, Junaidi Junaidi, Nani Kurniati, Nurul Hikmah

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru-guru SD di Lombok Barat dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran matematika dengan metode Creative Problem Solving (CPS). Metode CPS adalah sebuah pendekatan masalah dengan cara yang tidak biasa untuk menghasilkan solusi melalui tindakan yang efektif. Peserta pengabdian adalah perwakilan guru-guru SD di kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat sebanyak 20 orang. Hasil kegiatan pengabdian ini mampu meningkatkan kemampuan guru-guru SD di Gunung Sari, Lombok Barat tentang metode CPS dalam menyelesaikan soal-soal UN, khususnya mata pelajaran matematika.

Full Text:

PDF

References

Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/ Madrasah (BAP-S/M) NTB. 2019. Akreditasi SD/MI. Diunduh dari https://dikbud.ntbprov.go.id/akreditasisd.

BBC News. 2018. Sulitnya Ujian Naional: Melanggar Hak atau Meningkatkan Kemampuan Nalar? Diunduh dari https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-43783432

Kemdikbud. 2016. Analisis Kinerja Pendidikan Provinsi NTB. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. 2018. Data Sekolah Kecamatan Gunung Sari-Dapodikdasmen. Diunduh dari https://dapo.dikdasmen.kemdikbud. go.id/sp/2/230100.

Siswono, T. Y. E. 2004. Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah (Problem Posing) Matematika Berpandu dengan Model Wallas dan Creative Problem Solving (CPS). Buletin Pendidikan Matematika. 6 (2), 1-16.

Siswono, T. Y. E. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zulyadaini. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMA. Jurnal Ilmiah Dikdaya. 7(1), 83-93.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.