PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LESSON STUDY DI MTs DARUL QUR’AN BENGKEL

Nurul Hikmah, Sridana Sridana, Sripatmi Sripatmi, Syahrul Azmi, Nani Kurniati

Abstract

Guru yang profesional merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Kesiapan guru dalam mengajar, dapat terlihat dari kemampuan merancang perangkat pembelajaran yang berkualitas. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan Perangkat Pembelajaran melalui pendekatan lesson study. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan dan pendampingan pelaksanaan lesson study di sekolah. Hasil dari pelaksanaan kegiatan adalah: (1) terdapat peningkatan kemampuan guru- guru matematika di MTs Darul Qur’an Bengkel dalam hal mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis lesson study. (2) Respon peserta terhadap pelaksanaan kegiatan sangat baik. (3) Pelaksanaan lesson study berjalan dengan sangat baik.

Full Text:

PDF

References

Mulyana, S. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat.

Susilo, dkk. 2009. Lesson Study Bebasis Sekolah: Guru Konservatif menuju Guru Inovatif. Malang: Bayumedia Publishing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.