PEMANTAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF BERBASIS HOTS BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR

Arjudin Arjudin, Sudi Prayitno, Sri Subarinah, Baidowi Baidowi, Sripatmi Sripatmi

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, pemahaman, dan keterampilan guru-guru SD Negeri 45 Mataram dalam mengimplementasikan pembelajaran Matematika  Inovatif yang berbasis HOTS (High Order Thinking Skills). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk diskusi terfokus FGD (Focus Group Discussion) yang terdiri dari (1) pemantapan wawasan pembelajaran matematika inovatif, dan (2) penyusunan rencana pembelajaran dan penyiapan media pembelajaran berbasis HOTS. Kegiatan ini diharapkan bermanfaat bagi guru dan berdampak pada terjadinya peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru-guru SDN 45 Mataram. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diperoleh hasil bahwa: (1) Bertambahnya wawasan guru-guru SDN 45 Mataram tentang pembelajaran Matematika inovatif yang berbasis HOTS, (2) Meningkatnya pemahaman guru-guru SDN 45 Mataram dalam memecahkan masalah Matematika yang menuntut berpikir tingkat tinggi, (3) Meningkatnya ketrampilan guru-guru SDN 45 Mataram dalam membuat perencanaan pembelajaran Matematika inovatif yang berbasis HOTS.

Full Text:

PDF

References

Anderson, J. R. 1983. The Architecture of Cognition. Cambridge. MA: Harvard University Press.

Bell, F.H. 1981. Teaching and Learning Mathematics (in Secondary School). Iowa: Wm. C. Brown Company.

Ennis, R.H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. The revised version of a presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July 1994.

Hudoyo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.

Hudoyo, H. & Sutawidjaja, A. 1997. Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Karim, M.A.. 1997. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Dirjen Dikti bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Krulik, S., Rudnick, J., dan Milou, R. 2003. Teaching Mathematics in Middle School, A Practical Guide. Boston: Pearson Education, Inc.

Meintjes, H. & Grosser, M. 2010. Creative Thinking in Prospective Teacher: The Status Quo and The Impact of Contextual Factors. South Africa Journal of Education, 30: 360 – 386.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.