Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Mol

Authors

Hasinah Martini

DOI:

10.29303/cep.v2i2.1322

Published:

2019-11-30

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2019): November

Articles

Downloads

How to Cite

Martini, H. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Mol. Chemistry Education Practice, 2(2), 21–28. https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016-2017 pada materi Konsep Mol dengan penerapan metode pembelajaran problem solving. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang secara umum terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA 1 SMAN 2 Mataram pada tahun pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 40siswa, 10 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Penelitian ini difokuskan pada materi konsep mol yang mencakup konversi jumlah mol ke dalam jumlah partikel, jumlah massa, jumlah volume, hipotesis Avogadro, rumus empiris, rumus molekul, kadar zat, dan pereaksi pembatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan angket siswa. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus II, rata-rata nilai post tesàààà siswa adalah 79,08 dengan siswa sebanyak 35 orang (88%)mencapai nilai ââ°Â¥76. Hasil angket siswa serta hasil observasi terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving juga menunjukkan tanggapan yang baik dari siswa. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving memberikan dampak yang positif bagi siswa dalam proses belajar mengajar.

References

Arsyad, A. 2002.Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Astuti, Y & Setiawan,B. 2013.Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.3 (1).

Himawan., Yunus, M & Sugiarti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualizationterhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Polewali (Materi Pokok Ikatan Kimia). Jurnal Chemica. 18(1).92-100.

Munandar, W. A. 2016. Media Mind Map Untuk Meningkatkan Retensi Siswa Dalam PembelajaranPendidikan Kewarganegaraan Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.5(18).234-244.

Nurazizah, S. 2015. Pengaruh Pembelajaran Team Assisted IndividualizationBerbantuan Study Card Terhadap Hasil Belajar Materi HidrolisisSiswa Kelas XI SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung. Skripsi FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Sanjaya, W. 2008.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R &D . Bandung: Alfabeta.

________. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R &D . Bandung: Alfabeta.

Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyanto.2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Jakarta: Yudistira.

Utami, D. D, Hastuti, Budi Dan Redjeki, Tri. 2015. Upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Demonstrasi Pada Materi Hidrolisis GaramDi SMA Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (Jpk). 4(1).157-164.

Author Biography

Hasinah Martini, Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).