Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship pada Materi Pokok Hidrokarbon terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA di MAN 2 Mataram

Authors

Iis Minarni Wulandari , Yunita Anwar , Rudyat Savalas

DOI:

10.29303/cep.v1i1.1628

Published:

2018-03-13

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2018): Mei

Articles

Downloads

How to Cite

Wulandari, I. M., Anwar, Y., & Savalas, R. (2018). Penerapan Model POE (Predict-Observe-Explain) dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship pada Materi Pokok Hidrokarbon terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA di MAN 2 Mataram. Chemistry Education Practice, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.29303/cep.v1i1.1628

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan pendekatan Chemoenterpreneurship terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas XI MIA di MAN 2 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperiment dalam bentuk rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan pendekatan Chemoenterpreneurship sedangkan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Ada 4 indikator keterampilan proses sains yang diukur antara lain: mengamati, mengelompokkan, memprediksi dan menerapkan konsep. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji Manova dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menunjukkan Fhitung (4,93) > Ftabel (3,97) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan nilai signifikasi diperoleh 0,05 > sig. 0,01 yang lebih menguatkan bahwa H0 yang berarti model POE (Predict-Observe-Explain) dengan pendekatan Chemoenterpreneurship tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas XI MIA di MAN 2 Mataram.

Kata kunci: POE (Predict-Observe-Explain) dengan pendekatan Chemoenterpreneurship, hasil belajar, keterampilan proses sains.

References

Budiati, H; Sugiyarto; Sarwanto. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) menggunakan Eksperimen Sederhana dan Eksperimen Terkontrol ditinjau dari Keterampilan Metakognitif dan Gaya Belajar terhadap Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Muna, I.A. 2017. ââ¬ÅModel Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPAââ¬Â. Jurnal Studi Agama. 5(1): 73-91.

Puriyandari, D; Saputro, A.N.C; Masykuri, M. 2014. ââ¬ÅPenerapan Model Pembelajaran Prediction, Observation and Explanation (POE) Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA1 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013ââ¬Â. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(1): 24-30.

Puspita, S; Lesmono, A.D; Prihandono, T. 2015. ââ¬ÅPengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explaination) disertai Media Audiovisual terhadap Keterampilan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA-Fisika di SMPââ¬Â. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4(3): 211-218.

Reiss, F. 2000. History of Physics in Science Teacher Training in Oldenburg. Science and Education. 9, 399- 402

Siagian, R.E.F. 2015. ââ¬ÅPengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa

terrhadap Prestasi Belajar Matematikaââ¬Â. Jurnal Formatif. 2(2): 122-131.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiono. 2014. Metode penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R &D . Bandung: Alfabeta.

Supartono; Saptorini; Asmorowati, D.S. 2009. ââ¬ÅPembelajaran Kimia Menggunakan Kolaborasi Konstruktif dan Inkuiri Berorientasi Chemo-Entrepreneurshipââ¬Â. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3(2): 476-483.

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema ââ¬ÅIsu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21ââ¬Â, STKIP Persada Khatulistiwa, Sintung-Kalimantan Barat, pada 10 Desember 2016.

Author Biographies

Iis Minarni Wulandari, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Yunita Anwar, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Rudyat Savalas, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).