Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual pada Sub Materi Kimia Unsur Periode Ketiga
DOI:
10.29303/cep.v4i2.2389Published:
2021-08-14Issue:
Vol. 4 No. 2 (2021): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan dalam rangka ulang tahun CEP yang ke 4Articles
Downloads
Additional Files
How to Cite
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual pada materi kimia unsur sub materi periode ketiga. Kelayakan media pembelajaran diperoleh dari 2 kriteria yakni validitas media berdasarkan penilaian validator dan keefektifan media berdasarkan peningkatan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan 4P (pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan), namun hanya dibatasi pada tahap uji coba produk. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar telaah media, lembar validasi media, serta soal pretest dan posttest. Hasil penelitian yang dilakukan memperoleh persentase kevalidan isi sebesar 85,12% dan pada validitas konstruk sebesar 86,73% yang dikategorikan sangat valid. Persentase keefektifan media berdasarkan peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh skor N-gain dengan rentang 75-100% yang dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media pembelajaran berbasis laboratorium virtual layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi kimia unsur sub materi periode ketiga.
Kata Kunci: media pembelajaran, laboratorium virtual, kimia unsur periode ketiga
References
Alponita, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Menggunakan Macromedia Flash pada Praktikum Reaksi Alkali dan Alkali Tanah di Kelas XII SMA. Repository Universitas Jambi, 14(3), 37ââ¬â45.
Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning pada Materi Pokok Kimia Unsur. UUNESA Journal of Chemical Education, 5(2), 345ââ¬â352.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran dalam Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Chen, C., Jones, K. T., & Xu, S. (2018). The Association Between Studentsââ¬â¢ Style of Learning Preferences, Social Presence, Collaborative Learning and Learning Outcomes. Journal of Educators Online, 15(1). https://doi.org/10.9743/JEO2018.15.1.3
Dalton, M. A. P. L. V. (2016). General Chemistry 1045 Laboratory Manual. In Virginia Polytechnic Institute and State University.
Dwiningsih, K., Sukarmin, Nf., Muchlis, Nf., & Rahma, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Di Era Global. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 156ââ¬â176. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p156--176
Dwiyanti, A. N., Riwanto, M. A., & Budiarti, W. N. (2019). Penerapan Laboratorium Virtual Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Tambaknegara Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pancar, 3(2), 275ââ¬â278.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. https://doi.org/10.1119/1.18809
Herga, N. R., Cagran, B., & Dinevski, D. (2016). Virtual Laboratory in the Role of Dynamic Visualisation for Better Understanding of Chemistry in Primary School. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1224a
Ibrahim. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Levie, W. H., & Lentz, R. (1982). Effects of Text Illustrations: A Review of Research. Educational Communication & Technology. https://doi.org/10.1007/BF02765184
Mangengke, B. B., & Dwiningsih, K. (2020). Validitas Media Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual pada Sub Materi Kimia Unsur Aluminium. 9(1), 71ââ¬â78.
Mangengke, B. B., & Dwiningsih, K. (2021). Pembelajaran Kimia Berbasis Kooperatif Think Pair Share(Tps) Dengan Berbantuan Virtual Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 15(1), 2706-2716.
Purnomo, A., Ratnawati, N., & Aristin, N. F. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 70ââ¬â77. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p070
Raffani Ovianti, A., P., & Dwiningsih, K. (2016). Developing Multimedia Interactive Based Blended Learning at Kimia Subject Class XII. Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology, 2010, 324ââ¬â337.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Setiawan, B., & Dwiningsih, K. (2020). Validitas Virtual Lab sebagai Media Pembelajaran pada Materi Kimia Unsur Sub Materi Hidrogen. UNESA Journal of Chemical Education, 9(1), 115ââ¬â120.
Setiawan, E. (2019). KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Siregar, E. M. (2017). Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Asam Basa Kelas XI MIA MAN Model Kota Jambi. Repository Universitas Jambi. http://repository.unja.ac.id/2250/1/Artikel Eka Muharyani Siregar.pdf
Slavin, R. E. (2009). Educational Psychology : Theory and Practice. New Jersey: Pearson Education.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Author Biographies
Aida Zahwa Talia Dzikro, Universitas Negeri Surabaya
Kusumawati Dwiningsih, Universitas Negeri Surabaya
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).