Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Multi Representasi untuk Melatih Literasi Kimia Mahasiswa pada Materi Termokimia
DOI:
10.29303/cep.v4i2.2454Published:
2021-08-14Issue:
Vol. 4 No. 2 (2021): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan dalam rangka ulang tahun CEP yang ke 4Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas modul matakuliah Kimia Fisika 1 materi termokimia untuk melatih literasi kimia mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation), namun penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Pembuatan modul ini disesuaikan dengan pendekatan intertekstual berbasis multi representasi. Objek dalam penelitian ini adalah modul berbasis multi representasi pada materi termokimia untuk melatih kemampuan literasi mahassiwa. Pengumpulan data dilakukan denganÃÂ metode kuisioner menggunakan rating scale untuk skala kelayakan. Skala kelayakan terdiri dari lima aspek, yaitu aspek self instruction, aspek self contained, aspek stand alone, aspek adaptive, dan aspek user friendly. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil skor rata-rata validitas isi sebesar 4.79 dengan kulaifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pada materi termokimia berbasis multi representasi memiliki kualifikasi sangat baik dan bisa digunakan untuk pembelajaran dalam kelas.
ÃÂ
References
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35ââ¬â42.
Febriyanti, F., Wiji, W., & Widhiyanti, T. (2019). Thermochemistry multiple representation analysis for developing intertextual learning strategy based on predict observe explain (POE). Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 42042.
Imansari, M., & Sumarni, W. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).
Laksono, P. J. (2018). Studi Kemampuan Literasi Kimia Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Materi Pengelolaan Limbah. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 1ââ¬â12.
OECD. (2019a). Education at a Glance 2019. In Education at a Glance: OECD Indicators. https://doi.org/10.1787/f8d7880d-en
OECD. (2019b). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
Prastiwi, C. H. W., Tirtanawati, M. R., Purnama, Y. I., & Rahmawati, O. I. (2017). PEMBERDAYAAN BUDAYA LITERASI MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 KANOR BOJONEGORO. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 109ââ¬â117.
Priyasmika, R., & Yuliana, I. F. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN INTERTEKSTUAL PADA MATERI TERMOKIMIA. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 1(02), 146ââ¬â150.
Treagust, D. F., & Chittleborough, G. (2001). Chemistry: A matter of understanding representations. In Subject-specific instructional methods and activities. Emerald Group Publishing Limited.
Triyuni, N. N. E., Kusmariyatni, N. N., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking (HOT) Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V SD. Journal of Education Technology, 3(1), 22ââ¬â27.
Wahyuni, A., & Yusmaita, E. (2020). Designing Chemical Literacy Test Instrumentation of Acid and Base Topic. Edukimia, 2(3), 106ââ¬â111.
Wang, W. (2016). Intertextual practices in academic writing by Chinese ESL students. Applied Linguistics Review, 7(1), 53ââ¬â72.
Wu, H. (2003). Linking the microscopic view of chemistry to realââ¬Âlife experiences: Intertextuality in a highââ¬Âschool science classroom. Science Education, 87(6), 868ââ¬â891.
Yuliana, I. F., Dasna, I. W., & Marfuah, S. (2015). Pengaruh Inkuiri Terbimbing dengan Intertekstual terhadap Hasil Belajar Materi Kesetimbangan Kimia dan Literasi Kimi Ditinjau dari Kemampuan Awal. Tesis, Universitas Negeri Malang.
Author Biographies
Ika Farida Yuliana, Universitas Billfath
Nikmatin Sholichah, Universitas Billfath
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).