Pengembangan Instrumen Objektif Disertai Alasan Berbasis HOTS Ditinjau dari Validasi Ahli untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

Fina Faizah , Ika Farida Yuliana , Rosyidah Syafaatur Rohmah

DOI:

10.29303/cep.v5i2.3518

Published:

2022-11-30

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi November

Keywords:

ADDIE, Validasi Ahli, HOTS, Berpikir Kritis

Articles

How to Cite

Fina Faizah, Yuliana, I. F., & Rosyidah Syafaatur Rohmah. (2022). Pengembangan Instrumen Objektif Disertai Alasan Berbasis HOTS Ditinjau dari Validasi Ahli untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Chemistry Education Practice, 5(2), 157–162. https://doi.org/10.29303/cep.v5i2.3518

Abstract

HOTS dapat berarti sebagai berpikir kritis dan kreatif dimana peserta didik mampu menjadi pemecah masalah yang baik dan mampu membuat kesimpulan yang matang sehingga mampu mempertanggungjawabkan secara akademis. Penguasaan ketrampilan kritis juga penting dalam mempersiapkan para peserta didik untuk berkehidupan di era 4.0 menuju era 5.0. Salah satu langkah untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa adalah dengan menggunakan instrumen tes HOTS, akan tetapi masih banyak sekolah yang belum menerapkan soal HOTS sehingga menyebabkan siswa belum maksimal dalam melatih kemampuan berpikir kritis yang mereka punya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas ahli instrumen objektif disertai alasan berbasis HOTS pada materi perhitungan pH asam basa, hidrolisis garam, dan larutan penyangga. Pengembangan instrumen tes HOTS ini menggunakan model ADDIE. Hasil validasi ahli menunjukkan instrumen layak untuk digunakan dengan kategori sangat tinggi pada setiap aspek. Pada aspek materi, validator guru diperoleh rata-rata 85,8 % sedangkan validator dosen diperoleh rata-rata 83,46 %. Pada aspek konstruksi, validator guru diperoleh rata-rata 91,46 % sedangkan validator dosen diperoleh rata-rata 92,26 %. Pada aspek bahasa, validator guru diperoleh rata-rata 86,4 % sedangkan validator dosen diperoleh rata-rata 92,26 %.

References

Agustin, M., Pratama, Y, A. (2021). Keterampilan berpikir dalam konteks pembelajaran abad ke-21. Bandung: Refika.

Arofah, R, H, C. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal (Vol.3). 35-43.

Fatayah, Farida, I, Y., Layla, M. (2022). Analisis validitas dan reliabilitas dalam mendukung ketuntasan belajar model STEM. Jurnal Buana Pendidikan (Vol.18). 49-60.

Farida, I, Y., Scholichah, N. (2021). Pengembangan modul termokimia berbasis multi representasi untuk melatih literasi kimia mahasiswa pada materi termokimia. Chemistry Education Practice. 4(2). 2656-3940.

Hasmarani, S., Ramlawati, Ruslan. (2019). Analisis kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal asam basa pada tingkat keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif di kelas XI IPA SMA/MA di Kecamatan Bulukumpa. Chemistry Education Review (Vol.2). 93-100.

Kurniawati, D. (2011). Pengaruh penggunaan model STAD-Peta konsep terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Putra Indonesia Malang pada materi pokok materi dan perubahannya. Skripsi. Malang: FMIPA Universitas Negri Malang.

Marwan, M., Khaeruddin, Amin. (2020). Pengembangan instrumen asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada bidang fisika. Prosiding seminar nasional fisika PPs UNM. 29 Februari 2020. 116-119.

Priyasmika, R., Farida, I, Y. (2021). The effect of guided inquiry model on higher order thinking skills reviewed from chemical literacy. Journal of Chemistry Education Research (Vol.5). 70-76.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 13 (1). 2239-2253.

Sa’idah, N., Yulistianti, H, D., Megawati. (2019). Analisis instrumen tes higher order thinking matematika smp. Jurnal Pendidikan Matematika 13 (1). 41-54.

Saraswati, P, M, S., Agustika, G, N, S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4 (2). 257-269.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada kurikulum 2013. Jurnal Inventa. 1-9.

Trisnawati, W, W., Sari, A. K. (2019). Integrasi keterampilan abad 21 dalam modul sociolinguistics: keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, dan Creativity). Jurnal muara pendidikan. 455-466.

Yuliantaningrum, L., Sunarti, T. (2020). Pengembangan instrumen soal hots untuk mengukur keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pemecahan masalah materi gerak lurus pada peserta didik SMA. Inovasi pendidikan fisika (Vol.9). 76-82.

Yunair, M., Rakhmat, C., Saepulrohman. (2015). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal objektif tes dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (Ips) Kelas V Sd Negeri 7 Ciamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (2). 187-195.

Author Biographies

Fina Faizah, Universitas Billfath

Ika Farida Yuliana, Universitas Billfath

Universitas Billfath, google scholar ID: 5ibHg-YAAAAJ

Rosyidah Syafaatur Rohmah, Universitas Billfath

License

Copyright (c) 2022 Fina Faizah, Ika Farida Yuliana, Rosyidah Syafaatur Rohmah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.