Kelayakan LKPD Berbasis Multipel Representasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Laju Reaksi

FEASIBILITY MULTIPLE REPRESENTATION BASED LKPD TO IMPROVE CRITICAL THINKING SKILL IN MATERIAL REACTION RATE

Authors

Dini Anggraini Dini , Dian Novita Dian

DOI:

10.29303/cep.v6i2.5202

Published:

2023-11-30

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi November

Keywords:

Kelayakan, Keterampilan Berpikir Kritis, LKPD

Articles

How to Cite

Dini, D. A., & Dian, D. N. (2023). Kelayakan LKPD Berbasis Multipel Representasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Laju Reaksi : FEASIBILITY MULTIPLE REPRESENTATION BASED LKPD TO IMPROVE CRITICAL THINKING SKILL IN MATERIAL REACTION RATE. Chemistry Education Practice, 6(2), 147–154. https://doi.org/10.29303/cep.v6i2.5202

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis multipel representasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi yang ditinjau dari validitas melalui hasil validasi oleh para ahli, kepraktisan melalui respon dan observasi aktivitas peserta didik, serta keefektifan melalui peningkatan tes pengetahuan dan tes keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan 4-D dengan empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran yang dibatasi pada tahap pengembangan. LKPD diuji cobakan pada 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan LKPD yang dikembangkan valid ditinjau dari hasil validasi yang didapatkan dengan skor 4 pada semua aspek yaitu aspek kesesuaian materi, kesesuaian tampilan, kesesuaian penyajian,  kesesuaian bahasa dengan kategori baik yang di peroleh dari 2 validator dosen kimia dan 1 validator guru kimia SMA. Kepraktisan ditinjau dari hasil angket respon peserta didik sebesar 94,5% dengan kategori sangat baik dan hasil observasi aktivitas peserta didik dengan persentase 91,67% dengan kategori sangat baik. Keefektifan ditinjau dari peningkatan tes pengetahuan peserta didik dengan N-Gain yang di dapatkan dengan kriteria sedang-tinggi dan uji t dengan sig < 0,05  dan hasil tes keterampilan dengan N-Gain kriteria sedang-tinggi, uji t dengan sig < 0,05 dengan hasil komponen keterampilan berpikir kritis interpretasi 92,50%, analisis 80%, inferensi 88,75%, evaluasi 83,75%, explanasi 88,75%.

References

Andi, Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Anik, Ghufron. 2007. Panduan Penelitian Dan Pengembangan Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Chang, Raymond. 2004. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Chang, Raymond. 2005. Kimia Dasar Konsep – Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Chittleborough, G.D. et al. 2004. The Role Of Teaching Models and Chemical Representations in Developing Mental Models of Chemical Phenomena. Thesis. Science and Matehamtics Education Centre.

Facione. P. A. 2015. Critical Thinking : What It Is And Why It Counts. Measured Reasons And The California Academic Press. Millbrae, CA

Hake, R.R. 1998. Interactive engagement v.s traditional methods: six- thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. Vol. 66. No.1.

Herawati, F. R. 2013. Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau dari Kemampuan Belajar Laju Reaksi Peserta didik SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (2) : 38 – 43.

Ibrahim, M. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pemaknaan. Surabaya: Unesa University Press.

Mulyani, Septiana Dwi, Ratu Betta Rudibyani, dan Tasviri Efkar. 2018. Efektivitas LKS Berbasis Multipel Representasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia 7, no. 2: 1 – 12

Nurlina, Nurfadilah,Aliem Bahri. 2021. Teori Belajar dan Pembelajaran. Makassar: LPP Unismuh Makassar.

Luthfi, Ahmad. 2021. Research and Development (R&D): Implikasi dalam Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia FMIPA Unesa

Rahmawati, Atik. 2015. Pengembangan Modul Kimia Dasar Berbasis Multipel Level Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahapeserta didik. Jurnal UIN Walisongo,5 (2).

Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sastrohamidjojo, Harjono. 2005. Kimia Dasar Edisi 2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiarto, Bambang dkk. 2014. Kimia Dasar. Surabaya: Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H., Suyatno, & Madlazim. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Multiple Representasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi di Kelas X SMA. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 4 (2). 572 – 578.

Treagust, D.F.,Chittleborough, G., & Mamiala, T.L. 2003. The Role Of Submicroscopic and Symbolic Representations in Chemical Explanations. International Journal Of Science Education, 25 (11), 1354.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Author Biographies

Dini Anggraini Dini, Universitas Negeri Surabaya

Dian Novita Dian, Universitas Negeri Surabaya

License

Copyright (c) 2023 Dini Anggraini Dini, Dian Novita Dian

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.