Hubungan Antara Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mahasiswa Pendidikan Kimia di Universitas Mataram
DOI:
10.29303/cep.v4i3.2733Published:
2021-11-30Issue:
Vol. 4 No. 3 (2021): NovemberKeywords:
Sikap ilmiah, keterampilan berpikir kreatif, hubunganArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa pendidikan Kimia di Universitas Mataram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto . Populasi penelitian sebanyak 160 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 114 mahasiswa semester IV dan VI program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan, Universitas Mataram. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proportional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen sikap ilmiah dan soal tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kategori untuk Sikap Ilmiah mahasiswa termasuk sedang, diperoleh rata-rata sebesar 54,95 dengan nilai tertinggi pada indikator sikap ingin tahu, begitupun dengan keterampilan berpikir kreatif temasuk kategori sedang, diperoleh rata-rata sebesar 11,16 dengan nilai tertinggi pada indikator kefasihan. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan nilai Pearson Product Moment menunjukan r xy = 0,30; Koefisien determinasi sebesar 9,1%; dan t hitung= 3341> t tabel = 1.585. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif pada mahasiswa dengan tingkat rendah
References
Ahmadi. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Anwar, H. (2009). Penilaian sikap llmiah dalam pembelajaran sains. Jurnal Pelangi Ilmu, 2(5).
Apriyanti, Suciati Nur. (2019). Pendidikan Karakter dan Penumbuhan Kreaktivitas Siswa. Jurnal Ilmiah PGSD. 6(1) : 229-235.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Djupanda, H., Kendek, Y., & Darmadi, I. W. (2015). Analisis keterampilan berpikir kreatif siswa SMA dalam memecahkan masalah fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(2), 29-34.
Fakhruddin, Elva dan Syahril. 2010. ââ¬ÅSikap ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika dengan penggunaan media komputer melalui model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Bangkinang Baratââ¬Â. Jurnal Geliga Sain, 4 (1): 18-22.
Hanafiah, Nanang. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama.
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1).
Ihsan, M. A. (2010). Efektifitas Dakwah Dalam Mengembangkan Kognitifââ¬âFungsional Audiens: Suatu Pendekatan Psikologi Sosial. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 7(1), 91-106.
Kusherawati, Lusi. (2020). Profil Sikap Ilmiah Siswa melalui Model Pembelajaran Guided inquiry laboratory Experiment Method (gilem). Jurnal Pendidikan Biologi. 6(2) : 168-175.
Matulessy, A. (2012). Hubungan Antara Metakognisi Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kreativitas. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1).
Muntari, Hadisaputra, S., Haris, M., Loka, I.N., Hayati, H., and Yanti E. (2021). Optimization of Achievement in Chemistry Learning Outcomes by Implementing Discovery Learning-Based Strategy. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 556:274-278.
Nursa'adah, F. P., & Rosa, N. M. (2016). Analisis kemampuan berpikir kreatif kimia ditinjau dari adversity quotient, sikap ilmiah dan minat belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).
Prianggono, Agus. (2012). Analisis Proses Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam pemecahan dan Pengajuan Masalah Matematika pada Materi Persamaan Kuadra. UNS Surakarta
Pritami,Siti Elsi., Agus Abhi Purwoko., Lalu Rudyat Telly Savalas. (2014). Hubungan Iklim Kelas dan Sikap Siswa terhadap Pelajaran Kimia dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri se-Kota Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pijar Mipa. 9(2) : 73-77.
Salam, Burhanudin. (2005). Pengantar Filsafat : Bumi Aksara.
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Author Biographies
Baiq Hesti Yuliatin, Universitas Mataram
Agus Abhi Purwoko, Universitas mataram
Muntari Muntari, Universitas Mataram
Mutiah Mutiah, Universitas Mataram
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).