Hubungan Antara Prestasi Belajar Kimia Dengan Keterampilan Komunikasi Lisan Berdasarkan Persepsi Siswa

Lukmanul Hakim, Yayuk Andayani, Jeckson Siahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar kimia dengan keterampilan komunikasi lisan berdasarkan persepsi siswa. Penelitian kuantitatif ex-post facto melibatkan sebanyak 231 siswa sebagai sampel yang ditentukan menggunakan proportionate stratified random sampling. Data keterampilan komunikasi lisan dikumpulkan menggunakan angket dan data prestasi belajar kimia siswa dari dokumen guru. Teknik analisis korelasi Pearson Product Moment digunakan untuk uji hipotesis dan analisis deskriptif untuk menjelaskan tingkat ketercapaian prestasi maupun komunikasi lisan siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan (thitung = 12057,742 > ttabel = 3,89) antara prestasi belajar kimia dan keterampilan komunikasi lisan siswa kelas XI MIA di SMAN Mataram dan Lombok Barat Tahun Ajaran 2020/2021, namun hubungannya sangat rendah (rxy= 0,10). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kategori ketercapaian rata-rata nilai untuk prestasi belajar kimia dan keterampilan komunikasi lisan siswa kelas XI MIA di SMAN Mataram dan Lombok Barat Tahun Ajaran 2020/2021 secara keseluruhan termasuk kategori tinggi.

Keywords

Prestasi Belajar Kimia, Keterampilan Komunikasi Lisan, Persepsi

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A., dan Supriyono, W. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amelia, Fitrah dan Maya Trismawati. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Lisan Dan Kemampuan Pemahaman Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal PHYTAGORAS. 4(1): 10-20.

Aulia., Mia., Suwatno., Budi Santoso. 2018. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Melalui Metode Storytelling. Jurnal Manajerial. 3(4): 110-122.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatmadewi, Vita dan Eli Rohaeti. 2019. Penerapan Model PQ4R Terintegrasi Teknik Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. 7(2): 89-99.

Goss, P., Sonnemann, J., & Griffiths, K. 2017. Engaging Students: Creating Classrooms that Improve Learning. Victoria: Grattan Institute.

Hamdi, A.S. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hutagalung, I. 2007. Pengembangan kepribadian (Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif). Jakarta: Indeks.

Iftitahurrahimah., Yayuk Andayani., dan Syarifa Wahidah A.I. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Jurnal Pijar MIPA. 15(1): 7-12.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Papageorge, N., & Gershenson, S. 2016. Do Teacher Expectations Matter. The Review of Economics and Statistics. 102(2): 234-251.

Ridwan. 2005. Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Bandung: CV Alfa Beta.

Rubiman dan Siti Raudhatul K. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ikatan Ion. Jurnal Teknodik. 16(1): 1-8.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

¬¬Sugiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yusefni, 2015. Analisis Hubungan Aktivitas Writing to Learn dengan kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa dalam Pembelajaran Science Writing Heuristic. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung: 585-588.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.