Hubungan Antara Prestasi Belajar Kimia Dengan Keterampilan Komunikasi Lisan Berdasarkan Persepsi Siswa

Authors

Lukmanul Hakim , Yayuk Andayani , Jeckson Siahaan

DOI:

10.29303/cep.v4i3.2657

Published:

2021-11-30

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2021): November

Keywords:

Prestasi Belajar Kimia, Keterampilan Komunikasi Lisan, Persepsi

Articles

Downloads

How to Cite

Hakim, L., Andayani, Y., & Siahaan, J. (2021). Hubungan Antara Prestasi Belajar Kimia Dengan Keterampilan Komunikasi Lisan Berdasarkan Persepsi Siswa. Chemistry Education Practice, 4(3), 237–241. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2657

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar kimia dengan keterampilan komunikasi lisan berdasarkan persepsi siswa. Penelitian kuantitatif ex-post facto melibatkan sebanyak 231 siswa sebagai sampel yang ditentukan menggunakan proportionate stratified random sampling. Data keterampilan komunikasi lisan dikumpulkan menggunakan angket dan data prestasi belajar kimia siswa dari dokumen guru. Teknik analisis korelasi Pearson Product Moment digunakan untuk uji hipotesis dan analisis deskriptif untuk menjelaskan tingkat ketercapaian prestasi maupun komunikasi lisan siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan (thitung = 12057,742 > ttabel = 3,89) antara prestasi belajar kimia dan keterampilan komunikasi lisan siswa kelas XI MIA di SMAN Mataram dan Lombok Barat Tahun Ajaran 2020/2021, namun hubungannya sangat rendah (rxy= 0,10). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kategori ketercapaian rata-rata nilai untuk prestasi belajar kimia dan keterampilan komunikasi lisan siswa kelas XI MIA di SMAN Mataram dan Lombok Barat Tahun Ajaran 2020/2021 secara keseluruhan termasuk kategori tinggi.

References

Ahmadi, A., dan Supriyono, W. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amelia, Fitrah dan Maya Trismawati. 2015. Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Lisan Dan Kemampuan Pemahaman Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal PHYTAGORAS. 4(1): 10-20.

Aulia., Mia., Suwatno., Budi Santoso. 2018. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Lisan Melalui Metode Storytelling. Jurnal Manajerial. 3(4): 110-122.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatmadewi, Vita dan Eli Rohaeti. 2019. Penerapan Model PQ4R Terintegrasi Teknik Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. 7(2): 89-99.

Goss, P., Sonnemann, J., & Griffiths, K. 2017. Engaging Students: Creating Classrooms that Improve Learning. Victoria: Grattan Institute.

Hamdi, A.S. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hutagalung, I. 2007. Pengembangan kepribadian (Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif). Jakarta: Indeks.

Iftitahurrahimah., Yayuk Andayani., dan Syarifa Wahidah A.I. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Jurnal Pijar MIPA. 15(1): 7-12.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Papageorge, N., & Gershenson, S. 2016. Do Teacher Expectations Matter. The Review of Economics and Statistics. 102(2): 234-251.

Ridwan. 2005. Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Bandung: CV Alfa Beta.

Rubiman dan Siti Raudhatul K. 2012. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ikatan Ion. Jurnal Teknodik. 16(1): 1-8.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

ììSugiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Yusefni, 2015. Analisis Hubungan Aktivitas Writing to Learn dengan kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa dalam Pembelajaran Science Writing Heuristic. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung: 585-588.

Author Biographies

Lukmanul Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Yayuk Andayani, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP, Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram

Jeckson Siahaan, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.