Pengaruh Persepsi Guru Tentang TIK Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran IPA SMA/MA Se-Kecamatan Gerung

Nur Hudayati, Yayuk Andayani, Eka Junaidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang TIK terhadap pemanfaatan TIK dalam pembelajaran IPA SMA/MA se-Kecamatan Gerung. Penelitian ini dilakukan  di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Gerung, Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Gerung dan Madrasah Aliyah Negeri Gerung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost facto. Teknik pengambilan sampel dengan  sampling jenuh diperoleh 22 sampel. Pengambilan data persepsi guru tentang TIK dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran IPA menggunakan angket tertutup skala likert. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa antara persepsi guru tentang TIK terhadap pemanfaatan TIK dalam pembelajaran IPA memiliki pengaruh positif. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan berdasarkan nilai rxy sebesar 0,45 yang menunjukkan hubungan tersebut berkategori sedang.

Kata Kunci: Persepsi, pemanfaatan, TIK.

Full Text:

PDF

References

Destiana Bonita. 2014. Faktor Determinan Pemanfaatan TIK dan Pengaruh Terhadap Kinerja Guru SMK Kabupaten Gunung Kidul.Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(4): 285-299.

Dougherty,C. 2002. Introduction to Econometrics.2nded. New York: Oxford University Press.

Hadi, S. 2004. Metodelogi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Kemendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Kemendiknas.

________. 2014. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru TIK dan KKPI.Jakarta: Kemendikbud.

Mizal J., Damris D. 2015. Investigasi Pengetahuan, Keterampilan dan Implementasi TeknologiInformasi dan Komunikasi Matematika SMA/MA Kabupaten Tanjung. Edu-Sains, 2(4): 37-45.

Munir (2009).Pembelajaran jarak jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, E. 2013.Pengaruh Persepsi Guru Tentang Tik Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Pemanfaataan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMK RSBIBidang Keahlian Teknik Elektro Di DIY.Universitas Negeri Yogyakarta.

Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Redhana, I., W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia.Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1): 2239-2253.

Siahaan, S. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran: Sebuah Kajian. Jurnal Teknodik, 18(3): 273-283.

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Widhiarso, W. 2011.BerurusanDengan Outlier. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Wiyanto & Yulianti. 2009. Perancangan Pembelajaran Inovatif. Semarang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang

Refbacks

  • There are currently no refbacks.