Pengaruh Persepsi Guru Tentang TIK Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran IPA SMA/MA Se-Kecamatan Gerung
DOI:
10.29303/cep.v4i1.2233Published:
2021-05-30Issue:
Vol. 4 No. 1 (2021): Edisi MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang TIK terhadap pemanfaatan TIK dalam pembelajaran IPA SMA/MA se-Kecamatan Gerung. Penelitian ini dilakukan ÃÂ di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Gerung, Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Gerung dan Madrasah Aliyah Negeri Gerung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost facto. Teknik pengambilan sampel dengan ÃÂ sampling jenuh diperoleh 22 sampel. Pengambilan data persepsi guru tentang TIK dan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran IPA menggunakan angket tertutup skala likert. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa antara persepsi guru tentang TIK terhadap pemanfaatan TIK dalam pembelajaran IPA memiliki pengaruh positif. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan berdasarkan nilai rxy sebesar 0,45 yang menunjukkan hubungan tersebut berkategori sedang.
Kata Kunci: Persepsi, pemanfaatan, TIK.
References
Destiana Bonita. 2014. Faktor Determinan Pemanfaatan TIK dan Pengaruh Terhadap Kinerja Guru SMK Kabupaten Gunung Kidul.Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(4): 285-299.
Dougherty,C. 2002. Introduction to Econometrics.2nded. New York: Oxford University Press.
Hadi, S. 2004. Metodelogi Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Kemendiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Kemendiknas.
________. 2014. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru TIK dan KKPI.Jakarta: Kemendikbud.
Mizal J., Damris D. 2015. Investigasi Pengetahuan, Keterampilan dan Implementasi TeknologiInformasi dan Komunikasi Matematika SMA/MA Kabupaten Tanjung. Edu-Sains, 2(4): 37-45.
Munir (2009).Pembelajaran jarak jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Nugroho, E. 2013.Pengaruh Persepsi Guru Tentang Tik Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Pemanfaataan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMK RSBIBidang Keahlian Teknik Elektro Di DIY.Universitas Negeri Yogyakarta.
Rakhmat, J. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Redhana, I., W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia.Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1): 2239-2253.
Siahaan, S. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran: Sebuah Kajian. Jurnal Teknodik, 18(3): 273-283.
Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
________. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Widhiarso, W. 2011.BerurusanDengan Outlier. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Wiyanto & Yulianti. 2009. Perancangan Pembelajaran Inovatif. Semarang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang
Author Biographies
Nur Hudayati, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Yayuk Andayani, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).