Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Materi Asam Basa Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

Dini Handayani , Yunita Arian Sani Anwar , Eka Junaidi , Saprizal Hadisaputra

DOI:

10.29303/cep.v5i1.2765

Published:

2022-05-30

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi Mei

Articles

How to Cite

Handayani, D., Anwar, Y. A. S., Junaidi, E., & Hadisaputra, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Materi Asam Basa Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Chemistry Education Practice, 5(1), 107–114. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2765

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan modul pembelajaran kimia materi asam basa berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini adalah jenis Penelitian pengembangan yang mengadopsi model 4-D (define, design, develop, disseminate), namun dibatasi hanya pada sampai tahap pengembangan (develop). Tingkat kelayakan modul diukur melalui lembar validasi ahli dengan 6 aspek penilaian yang dinilai oleh 3 validator. Tingkat kepraktisan modul diukur melalui angket respon yang diisi oleh 22 orang siswa kelas XI IPA SMAN 8 Mataram. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan modul yang dihitung dengan rumus Aiken V adalah 0.83 dalam kategori sangat layak dan sangat praktis dengan persentase praktikalitas sebesar 89.14%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan bersifat layak dan praktis untuk meningkatkan motivasi belajar.

References

Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. (2020). Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education, 77(4), 729–732.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Jiniarti, B. Q., Hairunnisyah, S., dan Ni Nyoman, S. P. V. (2015). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3) : 185-192.

Junaidi, E., Saprizal, H., dan Syarifa, WAI. (2018). Kajian Pelaksanan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pijar Mipa. 13(1): 24-31.

Kurniawati, I. L dan Dhamas M. A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas X Dalam Materi Hidrokarbon. Jurnal FMIPA Undiksha. 1(1): 78-81.

Marsita, R.A., Sigit P., dan Ersanghono K. (2010). Analisis Kesulitan Belajar Kimia siswa SMA Dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4(1): 512-520.

Pebriana, L., Sukib., dan Eka, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Chemistry Education Practice. 1(1): 1-7.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Tesis.Bandung: Alfabeta.

Riyanto, N dan Asmara, A. P. (2018). Penilaian Kualitas Media Audio Visual Tentang Karakteristik Larutan Asam Basa Untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS). 6(1).73-85.

Rusman. (2012). Model-model Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ulya,H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGAN. (2) 1 : 129-141.

Warsono dan Hariyanto. (2017). Pembelajaran Aktif Teori Asesmen. Bandung: PT Remaja.

Author Biographies

Dini Handayani, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Yunita Arian Sani Anwar, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2022 Dini Handayani, Yunita Arian Sani Anwar, Eka Junaidi, Saprizal Hadisaputra

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>