Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon
Authors
Asni Asni , Wildan Wildan , Saprizal HadisaputraDOI:
10.29303/cep.v3i1.1450Published:
2020-05-29Issue:
Vol. 3 No. 1 (2020): MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok hidrokarbon pada kelas XI PMIPA SMAN 1 Woha tahun ajaran 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PMIPA SMAN 1 Woha yang terdiri dari tujuh kelas, jumlah total siswa 223 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas XI PMIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PMIPA 6 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. ÃÂ Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal uraian yang sebelumnya sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata di kelas eksperimen yaitu 75,33 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 54,1. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung (8,33) > ttabel (2,04) pada taraf signifik 5 % sehingga Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok hidrokarbon pada kelas XI PMIPA SMAN 1 Woha tahun ajaran 2019/2020.References
Agustin, R. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalianget. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2013. Reliabiltas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Fathurrohman, M. 2015. Model-model pembelajaran inovatif.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Munatri, S. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat Koligatif Larutan di Kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Buay Bahuga (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).
Muntari, M., Purwoko, A. A., Savalas, L. R. T., & Wildan, W. 2018. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Puspaningtyas, K., & Suparno, S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Analisis Danketerampilan Proses Sains. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 8-16.
Ramandha, M. E. P., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. 2018, October. An analysis of critical thinking skills among students studying chemistry using guided inquiry models. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2021, No. 1, p. 080007). AIP Publishing.
Riduwan, A., & Akdon, A. 2013. Rumus dan data dalam analisis statistika. Bandung: Alfabeta.
Rosa, F. O. 2015. Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2), 24-28.
Siagian, R. E. F. 2015. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terrhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Sugiarti, S. 2018. Penilaian Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Pascal (Journal of Physics and Science Learning), 2(1), 78-84.
Sugiyono, D. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, D. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, D. 2014. Metode penelitian Kuantitatif dan R &D . Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, D. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sutarno, E., & Mukhidin, M. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3).
Trianto, M. P. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.Gorghiu, Gabriel, Luminita, M., Sorin,C., Ana, M., Laura, M. 2015. Problem- Based Learning ââ¬â An Efficient Learning Strategy In The Science Lesson Context. Procedia- Social and Behavioral Sciences 191. 2015.
Wahyuni, R., Hikmawati, H., & Taufik, M. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 164-169.
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).