Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Etnokimia Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas Xi Di MA Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari
Authors
Hidayatussani Hidayatussani , Saprizal Hadisaputra , Syarifa Wahidah Al-IdrusDOI:
10.29303/cep.v3i1.1687Published:
2020-05-29Issue:
Vol. 3 No. 1 (2020): MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnokimia terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI di MA Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pre-test dan post-test Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di MA Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari. Kelas XI MIA 1 dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampling jenuh. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnokimia sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan kognitif tipe pilihan ganda. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Witney (Uji U) menunjukkan bahwa Zhitung < Ztabel (1,41 < 1,99) pada taraf signifikan 5 % yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnokimia terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI di MA Al-Aziziyah Putra Kapek Gunungsari tahun ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Etnokimia, Hasil Belajar
References
Aftriani, D.N., Muntari, H.M., Anwar,Y.A.S. 2019. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pelajaran Kimia terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Chemistry education practice, 1(2), 1-6.
Atmaja, N.B. 2011. ââ¬ÅLokal genius dan kearifan lokal sebagai modal budaya dalam pendidikan karakter.ââ¬Â Makalah disajikan dalam seminar nasional tentang pendidikan karakter berbasis lokal genius yang diselenggarakan oleh senat mahasiswa FIP Undiksha 2011.
Chang, R. 2005. Kimia Dasar. Jakarta : Erlangga.
Hayati, L. I Nyoman, L., Yunita, A.S.A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Pembelajaran Terpadu kemampuan Berpikir Kritis. Chemistry Education Practice, 2(2), 1-7.
Imansari, M. ââ¬ÅAnalisis literasi kimia peserta didik melalui pembelajaran inkuiri terbimbing bermuatan etnosains.ââ¬Â Jurnal Inovasi Pendidikan. Vol. 1. No. 1: 2201-2211.
Murniningsih, I. M., Masykuri, M., Mulyani, B. 2011. ââ¬ÅPenerapan model pembelajaran inkuri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 2. No. 2: 177-189
Nila, H. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi S1. FKIP, Universitas Mataram.
Pamungkas, A., Subali, B., Linuwih, S. 2017. ââ¬ÅImplementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.ââ¬Â Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 3. No. 2: 1-10.
Rahmawati, H., Rise, H.V., Nurfina, A.S. 2018. ââ¬ÅPengaruh implementasi model PBL berbasis kearifan local terhadap pemahaman siswa dan kemampuan berpikir kritis.ââ¬Â Jurnal PMIPA ULM Banjarmasin. Vol. 1 No. 1: 1-25.
Rahayu, S., Chandrasegaran, A. L., Treagust, D. F., Kita, M., Ibnu, S. 2011. ââ¬ÅUnderstanding Acid Base Concepts: Evaluating the Efficacy of a Senior High School Student-Centred Instructional Program in Indonesia.ââ¬Â International Journal of Science and Mathematics Education. Vol. 9 No. 6: 1439- 1458.
Ridwan, N.A. 2007. ââ¬ÅLandasan Keilmuan Kearifan Lokal.ââ¬Â Jurnal Study Islam dan Budaya. Vol. 5 No. 1: 27-38.
Rohmadi, M. 2011. ââ¬ÅPembelajaran dengan pendekatan CEP (chemo enterpreneurship) yang bervisi SETS (science, enviroment, technology and society) guna meningkatkan kualitas pembelajaran.ââ¬Â Jurnal Educatio. Vol. 1. No. 1: 17-37.
Rosa, M.N. 2012. ââ¬ÅPengaruh sikap pada mata pelajaran kimia dan konsep diri terhadap prestasi belajar kimia.ââ¬Â Jurnal Formatif. Vol. 2 No. 3: 218 226.
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Sedyawati. 1986. Lokal Genius dalam Kesenian Indonesia. Jakarta: Dunia Pusaka Jaya.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR-Ruzz Media.
Sudarmin. 2014. Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Lokal: Konsep dan Penerapan dalam Penelitian dan Pembelajaran Sains. Semarang : CV. Swadya Manunggal.
Sudarmin. 2015. Model Pembelajaran Inovatif Kreatif (Model Paikem dalam Konteks Pembelajaran dan Penelitian Sains Bermuatan Karakter). Semarang: CV. Swadaya Manunggal.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suherman, E. 2008. ââ¬ÅModel Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa.ââ¬Â Bandung: Educare. Jurnal Pendidikan dan Budaya. Vol. 5. No. 2:1- 10.
Suyati, R. D. 2010. Mendesains Model Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu
Trianto, A.B., Ibnu, B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta : PRENADA GROUP.
Utami, W, D., Wayan, D., Oktavia, S. 2017. ââ¬ÅPengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutanââ¬Â. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 No. 1 : 1-10.
Wijayanthi, R. 2014. Konstruksi Pendidikan Karakter Kerja Keras. Surakarta: Skripsi FKIP Muhammadiyah.
Wuri, S. 2018. ââ¬ÅIntegrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran untuk Menanamkan Nasionalisme di Sekolah Dasarââ¬Â. Jurnal Pendidikan. Vol. 1 No. 1 : 1-10.
Yupani, 2012. ââ¬ÅPengaruh model pembelajaran Predict-Observe Eksplain (POE) berbantuan materi bermuatan kearifan lokal terhadap hasil belajar IPA.ââ¬Â Jurnal Pendidikan. Vol. 1 No. 1 : 1-12.
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).