Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Website 2 Apk Builder pada Materi Larutan Asam Basa
DOI:
10.29303/cep.v4i2.2670Published:
2021-08-14Issue:
Vol. 4 No. 2 (2021): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan dalam rangka ulang tahun CEP yang ke 4Articles
Downloads
Additional Files
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifanÃÂ media pembelajaran kimia berbasis website 2 APK builder pada materi larutan asam basa. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk awal dan evaluasi produk. Populasi dalam penelitian ini adalah 94 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kopang. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Kopang yang diambil secara acak terdiri atas 10 siswa kelas XI MIPA 1, 10 siswa kelas XI MIPA 2 dan 10 siswa kelas XI MIPA 3. Hasil penilaian validitas oleh ketiga validator menggunakan indeks Aiken diperoleh nilai V = 0,89 yang menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis website 2 APK builder pada materi larutan asam basa sangat valid untuk diujicobakan. Hasil uji kepraktisan dapat diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang menunjukkanÃÂ rata-rata kepraktisan untuk semua komponen sebesar 84% yang berarti bahwa media yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan. Sementara itu, keefektifan dapat dilihat dari respon siswa yang menunjukkan respon sangat baik dengan rata-rata keefektifan untuk semua komponen sebesar 91% yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat efektif untuk digunakan. Secara umum, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis website 2 APK builder pada materi larutan asam basa yang dikembangkan bersifat valid, praktis, dan efektif.
ÃÂ
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Website 2 APK Builder, Larutan Asam Basa.
References
Ariani, S., Effendy, E., & Suharti, S. (2020). Model Mental Mahasiswa Pada Fenomena Penghilangan Karat Melalui Elektrolisis. Chemistry Education Practice, 3(2), 55-62.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.
Childs dan Sheehan. (2007). What Chemistry Topics do Student Find Difficult?. Proceedings of the 2nd European Variety in Chemistry Education. Prague: Charles University.
Chuang, Y. T. (2014). Increasing Learning Motivation and Student Engagment Through the Thechnology-supported Learning Environment. Creative Education. 5: 1969-1987.
Hadi, N. (2020). Powerspring sebagai Solusi Inovatif Pembelajaran yang Asyik dan Menyenangkan di Rumah Selama Pandemi Covid-19 bagi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1). 143-154.
Hsin-kai, W., Krajick, S., & Eliot, S. (2000). Promoting Conceptual Understanding of Chemical Representation: Students Use of a Visualization Tool in Classroom. Paper. University of Michigan.
Johnstone, A.H. (2006). Chemical Education Research in Glasgow in Generation of Visualization, in Allen G. (ed). Applied Spatial Cognition: from Research to cognitive technology. Mahwah, NJ: Erlbaum. 53-74.
Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201.
Mulyanta. (2009). Tutorial Membangun Media Interaktif Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
Riyanto, N., Asmara, A. P., & Purbalingga, B. (2018). Penilaian Kualitas Media Audio Visual Tentang Karakteristik Larutan Asam Basa untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 73-85.
Sadiman. (2010). Media Pendidikan ââ¬Ëââ¬â¢Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannyaââ¬â¢Ã¢â¬â¢. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Supriadi, Wildan, Hakim, A., Savalas, L. T., & Haris, M. (2021). Model Mental dan Kemampuan Spasial Mahasiswa Tahun Pertama dan Ketiga Pendidikan Kimia di Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 14(2).
Urbanger, M dan Kometz, A. (2014). Reasearch Theory and Practice in Chemistry Didactics. Proceedings of the 23nd International Conference on Chemistry Education. Hradec Kralove: Universitas of Hradec Kralove. 182-192.
Wijayanti, D., Saputro, S., & Nurhayati, N. D. (2015). Pengembangan media lembar kerja siswa (lks) berbasis hierarki konsep untuk pembelajaran Kimia kelas x pokok bahasan pereaksi pembatas. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 15-22.
Author Biographies
Elmi Royani, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Mukhtar Haris, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).