Pengembangan E-LKPD Larutan Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

Dwiki Meila Rosa , Wildan Wildan , Saprizal Hadisaputra , Baiq Fara Dwirani Sofia

DOI:

10.29303/cep.v5i1.2928

Published:

2022-05-30

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi Mei

Keywords:

Pengembangan, E-LKPD, Inkuiri Terbimbing, Larutan Asam Basa

Articles

How to Cite

Rosa, D. M., Wildan, W., Hadisaputra, S., & Sofia, B. F. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Larutan Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Chemistry Education Practice, 5(1), 60–65. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.2928

Abstract

Penelitian pengembangan (Research and Development) ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD larutan asam basa berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian sebanyak 173 siswa dan jumlah sampel sebanyak 30 siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Narmada dengan teknik purposive sampling. Model pengembangan yang digunakan adalah  model Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan, pengembangan perancangan model, dan tahap validasi produk. Tingkat kelayakan E-LKPD divalidasi oleh 3 (tiga) validator dengan hasil 0,89 dan termasuk kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan E-LKPD dengan hasil 81% yang termasuk kategori sangat praktis. Sementara itu, E-LKPD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan yang ditunjukkan dengan hasil uji t (thitung = 3,815 > ttabel = 2,045). E-LKPD yang dihasilkan layak dan praktis dipergunakan untuk meningkatkan motivasi belajar kimia di SMA.

References

Andriani, S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN Mayangan 6 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). 10 (1): 101-118.

Anwar, Y. A. S., Idrus, S. W. A., Sukib., Muti’ah., dan Junaidi. E., (2019). Isolasi Enzim dari Bahan Alam untuk Meningkatkan Sikap Siswa Terhadap Kimia di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdan Masyarakat. 2 (3): 391-395.

Haqsari, R., (2014). Pengembangan dan Analisis E-LKPD (Elektronik- Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Multimedia pada Materi Mengoprasikan Software Spreadsheet. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasanah., (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Asam, Basa dan Garam melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) pada Siswa Kelas XI IPA 3 di SMAN 22 Bandung. Lantanida Journal. 7 (1): 13-24.

Idrus, S. W. A., Hadisaputra, S., dan Junaidi, E., (2020). Pendekatan Green Chemistry dalam Modul Praktikum Kimia Lingkungan untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa Calon Guru Kimia. Chemistry Education Practice. 3 (2): 69-73.

Indrayani, P., (2013). Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA serta Upaya Perbaikannya dengan Pendekatan Mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains. 1 (2): 109-120.

Lutfer. Ruth. (1993). Pedoman Pelayanan Anak. Malang: Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesia.

Purba, M. (2002). Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Riyana, C., (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam.

Saputro, B., (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research and Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sulistyanti, L., Siahaan, J., dan Junaidi, E., (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Stray (TSTS) Dipadukan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice. 2 (1): 17-23.

Sutarto., dan Syarifuddin., (2013). Desain Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Samudra Biru.

Suyanto, S. (2011). “Lembar Kerja Siswa (LKS)”. Makalah yang disampaikan dalam acara Pembekalan guru daerah terluar, terluar, dan tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26 Nopember - 6 Desember.

Author Biographies

Dwiki Meila Rosa, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Wildan Wildan, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Baiq Fara Dwirani Sofia, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2022 Dwiki Meila Rosa, Wildan Wildan, Saprizal Hadisaputra, Baiq Fara Dwirani Sofia

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.