Pengembangan Modul Praktikum Berpedoman Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai Penunjang Kegiatan Praktikum Kimia Materi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Authors

Rara Nabilla Arieno , Muti’ah Muti’ah , Saprizal Hadisaputra , Lalu Rudyat Telly Savalas

DOI:

10.29303/cep.v6i1.3709

Published:

2023-05-31

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

Keywords:

Pengembangan, modul praktikum, laju reaksi

Articles

How to Cite

Arieno, R. N., Muti’ah, M., Hadisaputra, S., & Savalas, L. R. T. (2023). Pengembangan Modul Praktikum Berpedoman Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai Penunjang Kegiatan Praktikum Kimia Materi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 6(1), 108–113. https://doi.org/10.29303/cep.v6i1.3709

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat praktikalitas modul praktikum kimia kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan rancangan penelitian dari model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan atau yang biasa disebut dengan model 4D (define, design, develop and disseminate). Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar, sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 58 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling. Data tingkat praktikalitas modul praktikum yang telah diuji kelayakan dan reliabilitasnya dikumpulkan menggunakan angket dengan skala Likert. Empat indikator tingkat praktiklaitas yang diukur dalam penelitian ini adalah kemenarikan, kemudahan penggunaan, waktu pelaksanaan dan manfaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat praktikalitas modul pratkikum kimia dengan empat indikator tersebut masuk ke dalam kategori sangat praktis dengan presentase respon peserta didik sebesar 92.47% dan persentase repon guru kimia sebesar 94.85%.

References

Arikunto, Suharsini. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Asy’syakurni, N.A., A. Widyatmoko dan Parmin. (2015). Efektifitas Penggunaan Petunjuk Praktilkum IPA Berbasis Inkuiri pada Tema Kalor dan Perpindahannya terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Unnes Sience Education Jurnal. 4(3), 952-958.

Chang, R. (2003). Kimia Dasar Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Hidayati, N. (2012). Penerapan Metode Praktikum dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponogoro Banyuputih Batang. Skripsi S1. Institut Agama Islam Negeri Walisongo

Nursamsu., D, M., Nafaida, R dan Manurung, N. (2020). Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA). 4(1), 29-40.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Cet. 5. Jakarta: Raja Grafido Persada.

Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 14(1), 190-220.

Author Biographies

Rara Nabilla Arieno, Universitas Mataram

Muti’ah Muti’ah, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Lalu Rudyat Telly Savalas, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

License

Copyright (c) 2023 Rara Nabilla Arieno, Muti’ah Muti’ah, Saprizal Hadisaputra, Lalu Rudyat Telly Savalas

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.