Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Triterpenoid Lupeol dari Daun Mangrove (Sonneratia alba)

Authors

Nurlaila Ramdhaniah , Aliefman Hakim , Eka Junaidi

DOI:

10.29303/cep.v4i2.2128

Published:

2021-08-14

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2021): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan dalam rangka ulang tahun CEP yang ke 4

Keywords:

Pengembangan, Modul, Kimia Bahan Alam, Lupeol, Sonneratia alba

Articles

Downloads

How to Cite

Ramdhaniah, N., Hakim, A., & Junaidi, E. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Triterpenoid Lupeol dari Daun Mangrove (Sonneratia alba). Chemistry Education Practice, 4(2), 121–128. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2128

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui: (1) langkah-langkah proses pengembangan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi triterpenoid lupeol dari daun mangrove Sonneratia alba., (2) Tingkat kevalidan serta kepraktisan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi triterpenoid dari daun mangrove Sonneratia alba yang dikembangkan. Model penelitian yang digunakan adalah model 4D (define, design, development, and dissemination). Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan menggunakan rumus Slovin pada populasi mahasiswa program studi pendidikan kimia semester 8 yang berjumlah 67 mahasiswa dan sampelà penelitian yang diperoleh yaitu 18 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai validitas dari dua orang validator yang diperoleh menggunakan indeks Aikenââ¬â¢s adalah V = 0,77 dan nilai praktikalitas dari respon mahasiswa yang menunjukkan rata-rata praktikalitas semua komponen sebesar 84% dari respon sampel mahasiswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi triterpenoid lupeol dari daun mangrove Sonneratia alba termasuk dalam katergori valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Kimia Bahan Alam.

à

Kata kunci: Pengembangan, Modul, Kimia Bahan Alam, Lupeol, Sonneratia alba

References

Atun, S, 2014. Metode Isolasi dan Identifikasi Struktur Senyawa Organik Kimia Bahan Alam. Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur, Vol. 8, No. 2 hal: 53-61.

Gustinasari, M.L. dan Ardi., (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, Vol. 1, No. 1 hal: 60-73.

Haviz. M. 2013. Research and Developments ; Penelitian Di Bidang Pendidikan yang Inovatif, Produktif, dan Bermakna. Jurnal Ilmiah Taââ¬â¢dib. Vol.16. No. 1: 28-43.

Heliawati, L. 2018. Kimia Organic Bahan Alam. Bogor: Pascasarjana UNPAK.

Mahmudah, S. Sukib, S. dan Hakim, A., 2018. Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Trimiristin dari Pala. Chemistry Education Practice, Vol. 1, No. 1 hal: 20- 25.

Musa, W.J.A., Duengo S., & Tahir.R. H. 2017. Senyawa Triterpenoid dari Tumbuhan Mangrove (Sonneratia alba). Jurnal ITEKIMA. Vol.1.No.1: 36-44.

Mustaming, C. A. M. dan Nurlaela L. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek. Vol.3, No.1: 81-95.

Nugroho, E.B.P., Budiasih E, dan Sukarianingsih D. 2017. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas X Semester 2 Berbasis Learning Cycle. Jurnal Inovasi Terknologi Pendidikan. Vol.4. No.1:817-813.

Nulhaqim, S.A H., R. R. Pancasilawan, R. dan Fedriyansyah, M., 2015. Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Menghadapi ASEA Comunity 2015. Social Work Jurnal,Vol. 6, No. 2 hal: 154-272.

Nuralamsyah R. 2017. Pembuatan Modul Berbasis Komputer Pada Mata Kuliah Praktek Dasar Dan Pengukuran Listrikteknik Elektronika Universitas Nger Makassar. Jurnal ILTEK. Vol.12.No.1: 1706-1712.

Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.

Pujani, Ni Made., (2014). Pengembangan Perangkat Praktikum Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa Berbasis Kemampuan Generik Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Indonesia,Vol. 3, No. 2 hal: 471-484.

Rahmania, N., Rozirwan H. 2018. Phytochemical Test of Mangrove Avicennia alba, Rhyzophora apiculata and Sonneratia alba from Musi River Estuary, South Sumatera. BIOVALENTIA: Biological Research Journal. Vol. 4. No.2, hal: 8-15.

Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Riyanto, Sugeng., Sukari.M.. A. 2001. Identifikasi Dan Uji Bioaktivitas Lupeol dan Marmin yang Dipisahkan dari Korteks Aegle marmelos. Jurnal Biologi. Vol.2. No.11:685-692.

Rusila, N. Y., Khazali M., Suryadiputra I. N. N. 2006. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Bogor: PHKA/WI-IP.

Sugiyono., (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sutanto, P., 2017 Panduan Praktis Penyusunan e-Modul. Jakarta: Direktur Pembinaan SMA, Depdiknas.

Wahyuono, S. 1993. Identifikasi Lupeol dan Lupeil ò-Hidroksioktadekanoat Yang Terdapat Didalam Fraksi Non-Polar Amsonia Grandiflora (Fam. Apocynaceae). Majalah Farmasi Indonesia. Vol. 4. No.4: 180-189.

Wasia, N. H. Sudarma , I. M. Savalas, L. R. T. dan Hakim, A., 2017. Isolasi Senyawa Sinamaldehid dari Batang Kayu Manis (Cinnamomum Burmanii) dengan Metode Kromatografi Kolom. Jurnal Pijar MIPA, Vol. 12, No. 2 hal: 91-94.

Zakirman dan Hidayati. 2017. ââ¬ÅPraktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika Di SMPââ¬Â. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 6 (1): 85-93.

Author Biographies

Nurlaila Ramdhaniah, Mataram University

Aliefman Hakim, Universitas Mataram

Eka Junaidi, Universitas Mataram

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.