Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Aplikasi Android pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
DOI:
10.29303/cep.v4i3.2800Published:
2021-11-30Issue:
Vol. 4 No. 3 (2021): NovemberKeywords:
Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran, Aplikasi Android, Larutan Elektrolit dan NonelektrolitArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan modul pembelajaran kimia berbasis aplikasi android pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian ini terbatas hanya sampai 5 tahap yaitu riset dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji lapangan produk awal dan revisi produk awal. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas X MIPA SMAN 1 Keruak yang diambil secara random proporsional yang terdiri dari 10 siswa kelas X MIPA 1, 10 siswa kelas X MIPA 2, 10 siswa kelas X MIPA 3 dan 10 siswa kelas X MIPA 4. Hasil penilaian kelayakan oleh ketiga validator menggunakan indeks Aiken diperoleh nilai V=0,88 yang menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis aplikasi android pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit sangat layak untuk diujicobakan. Hasil uji kepraktisan yang diperoleh dari angket respon siswa menunjukkan rata-rata kepraktisan untuk semua aspek sebesar 82% yang berarti bahwa modul yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan. Secara umum, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis aplikasi android pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang dikembangkan bersifat sangat layak dan praktis.
ÃÂ
References
Ariani, S., Effendy, E., & Suharti, S. (2020). Model Mental Mahasiswa Pada Fenomena Penghilangan Karat Melalui Elektrolisis. Chemistry Education Practice, 3(2), 55-62.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Bahtiar, E. T. (2015, October). Penulisan bahan ajar. In Artikel disajikan dalam kegiatan Conference Paper di Bogor.
Chittleborough, G.D. (2010). Studentgenerated submicro diagrams: a useful tool for teachingand learning chemicalequation and stoichiometry.CE: Research and Practice,11 , 154-164.
Ibrahim, I., Kosim.,& Gunawan, G. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika berbasis Model Discovery Dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.15(3): 214-218.
Kemendikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran SMA/MA. Jakarta: Kemendikbud.
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Padang : Akademi Permata.
Priyayi, Desy Fajar. (2016). Analisis Bahan Ajar Model Pembelajaran Alid (Accelerated Learning Included By Discovery) pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMAN 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Sains. 04 (01): 29.
Ristiyani, E., dan Bahriah, E. S. (2016). Analisis kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan.Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA.UIN Syarif Hidayatullah. 2 (1): 18-29.
Riyani, Y. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak).
Rusda, Q., dan Utiya, A. (2012). Implementation of Problem Solving Model to Train Students Creative Thingking Skill.Unesa.Jurnal of Chemical Education. 1 (2): 40-45.
Safaat, Nazrudin. (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.
Santyasa, I Wayan. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Jogjakarta: Universitas Gadjah Mada.
Sappaile, N. (2019). Hubungan Pemahaman Konsep Perbandingan dengan Hasil Belajar Kimia Materi Stoikiometri. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Jakarta, 10(2), 58-71.
Supriadi, S., Wildan, W., Hakim, A., Savalas, L. T., & Haris, M. (2021). Model Mental dan Kemampuan Spasial Mahasiswa Tahun Pertama dan Ketiga Pendidikan Kimia di Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 282-287.Suyanti, R.D. 2012.StrategiPembelajaran Kimia.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syaifuddin, A., Fadiawati, N., & Rosilawati, I. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Representasi Kimia Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 3(2), 139354. W. Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Author Biographies
Rizky Jasahuldia, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Jeckson Siahaan, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Dwi Laksmiwati, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
I Nyoman Loka, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).