Pengembangan E-Modul Berbasis Tiga Level Representasi Pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas XI

Authors

Rabiatul Adawiyah , Dwi Laksmiwati , Supriadi Supriadi , Mutiah Mutiah

DOI:

10.29303/cep.v4i3.2744

Published:

2021-11-30

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2021): November

Keywords:

Pengembangan, e-modul berbasis tiga level representasi, kesetimbangan kimia

Articles

Downloads

How to Cite

Adawiyah, R., Laksmiwati, D., Supriadi, S., & Mutiah, M. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Tiga Level Representasi Pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas XI. Chemistry Education Practice, 4(3), 262–268. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2744

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul berbasis tiga level representasi pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI yang sudah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) model 4D. Subjek penelitian ini terdiri dari dua dosen pendidikan kimia dan satu guru kimia SMA Negeri 1 Praya Timur sebagai penguji kelayakan e-modul berbasis tiga level representasi. Sedangkan uji coba skala kecil dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 1 Praya Timur. Pengujian kelayakaan e-modul dari validator 1 diperoleh sebesar 76% (kriteria cuku valid), validator 2 diperoleh sebesar 81% (kriteria cukup valid) dan validator 3 diperoleh sebesar 75% (kriteria cukup valid), penilaian uji keefektifan dari hasil belajar siswa diperoleh sebesar 80,8% (kriteria sangat efektif), dan penilaian kepraktisan e-modul dari angket respon siswa diperoleh sebesar 94% (kriteria sangat praktis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis tiga level representasi pada materi kesetimbangan kimia untuk kelas XI yang dikembangkan layak, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada kondisi pademi Covid-19.

References

Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Ariani, S., Effendy, E., & Suharti, S. (2020). Model Mental Mahasiswa Pada Fenomena Penghilangan Karat Melalui Elektrolisis. Chemistry Education Practice, 3(2), 55-62.

Arikunto. S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan SMA. Jakarta: KementerianPendidikan dan Kebudayaan.

Elaine, B. J.2007. Contextual Teaching and Learning; Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung : MLC.

Gilbert, J. K., & Treagust, D. F. Towards a Coherent Model for Macro, Submicro and Symbolic Representations in Chemical Education. Models and Modeling in Science Education, 333.

Kasmir. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kubes, I. I. (2011). Efektivitas instrumen evaluasi hasil belajar menggunakan media elektrik quiz pada materi pokok larutan buffer kelas XI MAN 1 Salatiga (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.

Nadeak, B., Parulian, A., Pristiwanto, P., & Siregar, S. R. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Internet dengan Menggunakan Metode Computer Based Instruction. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 3(4).

Nurchaili, N. (2010). Membentuk Karakter Siswa melalui Keteladanan Guru.

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(9), 233-244.

Puji, K. M., Gulö, F., & Ibrahim, A. R. (2014). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran bentuk molekul di SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1), 59-65.

Purnama, R. D., Mawardi, M., & Fadhilah, R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 4(2).

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2013). Design and development research. Handbook of Research on Educational Communication and Technology, 141-150.

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).

Supriadi, S., Ibnu, S., & Yahmin, Y. (2018). Analisis model mental mahasiswa pendidikan kimia dalam memahami berbagai jenis reaksi kimia. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 1-5.

Supriadi, S., Wildan, W., Hakim, A., Savalas, L. T., & Haris, M. (2021). Model Mental dan Kemampuan Spasial Mahasiswa Tahun Pertama dan Ketiga Pendidikan Kimia di Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 282-287.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Usu, N., Rahmanpiu dan Marhadi, M. A.(2019).Analisis Miskonsepsi Pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Tes Diagnotik Two Tier Multiple Choice. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo.(4)3,226.

Author Biographies

Rabiatul Adawiyah, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Dwi Laksmiwati, Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram

Supriadi Supriadi, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Mutiah Mutiah, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.