Pengaruh Model Pembelajaranthink Talk Write (TTW) Berpikir Bicara Menulis Terhadap Hasil Belajar Siswa
Authors
Lalu Busyairi Muhsin , Sukib Sukib , Dwi LaksmiwatiDOI:
10.29303/cep.v2i2.1373Published:
2019-11-30Issue:
Vol. 2 No. 2 (2019): NovemberArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh penerapan Model Pembelajaran Berpikir Bicara Menulis Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia materi koloid. Jenis penelitian ini merupakan Quasi Experimental dengan Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA MAN 2 Mataram. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas Kontrol. Pada kelasEksperimen diberi perlakuan dengan menerapkanmodel TTW sedangkan pada kelas Kontrol diberiÃÂ perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Konvensional metode Ceramah. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukan thitung (2,097) > ttabel (1,669) yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran TTWmemberikan pengaruh yang lebih baik terhadap Hasil Belajar Sistem Koloid Siswa kelas XI MIPAMAN 2 Mataram.
Kata kunci: Model pembelajaran Berpikir Bicara Menulis Think Talk Write (TTW), Post-test Only Control Group Designdan Hasil Belajar.
References
Anang, M. A. 2018. PengaruhModel Pembelajaran TTW (Think talk write) berbantuan Multi media terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Gerung Skripsi S1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.
Anita, L. 2008. CooperativeLearning: Mempraktikan Cooperative Learning diRuang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Ansari, B.I. 2003. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMU melalui strategi TTW.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
. 2012. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam pembelajaran Kooperatif padamateri Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).
Azhar, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dimiyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahmidani, Y., Andayani, Y., Srikandijana, J., & Purwoko, A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Lembar Kerja Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Chemistry Education Practice, 2(1), 1-5.
Faozah, N.F. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD menggunakan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Kimia pada Konsep Ikatan Kimia. Skripsi S1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fitriyani, R. 2016. Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Materi Minyak Bumi. S1 Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Indriani, N. M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Rembang pada Materi Bilangan Pecahan Tahun Pelajaran 2015. Skripsi S1. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.
Johnson, E.B 2007. ContextualTeaching and Learning : Menjadikan KegiatanBelajar Menggajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung : Mizan learning Center.
Maesaroh. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi S1. FPMIPA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Must, P. 2011. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Biologi SMP berbasis Inkuiri terbimbing dipadu Kooperatif STAD serta pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, Metakognisi, dan keterampilan proses Sains pada siswa berkemampuan Akademik atas dan bawah (Doctoral dissertation): Universitas Negeri Malang.
Nurlela, S. 2014. Pengaruh Strategi Think Talk Write terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Pernapasan pada Manusia. Skripsi S1. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Septiyani, P. Y. 2015.Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa SMA N 14 Semarang. S1. Universitas Negeri Semarang.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Slavin, R.E . 2005. CooperativeLearning: Teory, Research and Practice. London: Allyn & Bacon.
Sudarmiyati,W. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write pada Siswa Kelas VIII.5 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (4) : 86.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suhirman, 2010. Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Nuansa. 1 (2): 8.
Syaiful B. D, dan Aswan Z. 2010. Strategi Belajar Mengajar (Cetakan Keempat). Jakarta : Rineka Cipta.
Umiyati, Nurhalimah dan Haryono. 2014. (LKS)Buku Kimia Matematika dan Ilmu-ilmu Alam Untuk SMA/MA Kelas XI . Surakarta: Mediatama.
Yamin, M.dan Ansari, B. I. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan IndividualSiswa. Jakarta : Gaung Persada Press.
Yulkifli dan Asrizal. 2011. Peningkatan Keterampilan Hidup Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran TTW Menggunakan Bahan Ajar Berbasis ICT pada Mata Kuliah Alat-Alat Ukur Listrlk. Laporan Penelitian. Universitas Negeri Padang.
Wahyuningtyas, Z. 2015. Penerapan model pembelajaranThink Talk Write Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kelas IV SD. Skripsi S1. FIP Universitas Negeri Semarang.
Winkel W.S., 1995, Psikologi Pengajaran, Grasindo. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).