Hubungan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Kimia Siswa

Authors

Roskiana Roskiana , Lalu Rudyat Telly Savalas , Sukib Sukib

DOI:

10.29303/cep.v3i1.1452

Published:

2020-05-29

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2020): Mei

Articles

Downloads

How to Cite

Roskiana, R., Savalas, L. R. T., & Sukib, S. (2020). Hubungan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Kimia Siswa. Chemistry Education Practice, 3(1), 29–33. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1452

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram (2) ada atauà tidaknya hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram; (3) ada atau tidaknya hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram. Penelitian kuantitatif korelasional ini menggunakan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram yang terbagi dalam 6 kelas. Pengumpulan data pemanfaatan fasilitas belajar dan kemandirian belajar dilakukan dengan angket, sedangkan data hasil belajar kimia diperoleh dari hasil ujian akhir semester genap tahun ajaran 2018/2019. Uji coba instrumen dilaksanakan kepada 30 responden. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbachââ¬â¢s. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar kimia siswa. Hal ini ditunjukkan olehà rhitung yang lebih kecil dari pada rtabel (0,149 dan 0,167 berurutan ) serta Fhitung yang lebih kecil dari pada Ftabel (3,01 dan 3,91 berurutan) pada taraf kesalahan 5%. (2) Tidakà terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia siswa. Hal ini ditunjukkan olehà rhitung yang lebih kecil dari pada rtabel ( 0,14 dan 0,16 berurutan) serta Fhitung yang lebih kecil dari pada Ftabel (2,07 dan 3,91 berurutan) pada taraf kesalah 5%. (3) Terdapat hubungan yangà signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar kimia. Hal ini ditunjukkan olehà rhitung yang lebih besar dari pada rtabel (0,22 dan 0,167 berurutan) serta Fhitung yang lebih besar dari pada Ftabel (3,32 dan 3,06 berurutan) pada taraf kesalahan 5%.

References

Al Fatihah, M. 2016. Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi, 12(1), 35-39.

Bangun, D. 2008. Hubungan Persepsi Siswa tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1(5), 56-61.

Bey, A. 2013. Pengaruh Kemandirian Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kendari. Universitas Unhaluoleo Kendari: Skripsi

Indra, P. 2013. Pengaruh Kemandirian dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 1 Mirit Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Purworejo: Skripsi.

Lusia, F. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar Di Sekolah, Perhatian Orang Tua, dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung: Skripsi.

Siagan, R. E. F. 2015. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 2(2), 122-131.

Utami, Maya K. 2012. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Di Gugus Wiyata Utama Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi.

Author Biographies

Roskiana Roskiana, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNRAM

Lalu Rudyat Telly Savalas, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNRAM

Sukib Sukib, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNRAM

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>