Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Inti dan Radiasi sebagai Upaya Belajar dari Rumah di Tengah Pandemi Covid-19
DOI:
10.29303/cep.v6i1.3180Published:
2023-05-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023Keywords:
Aktivitas Belajar, Pembelajaran Daring, Covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada mata kuliah kimia inti dan radiasi sebagai upaya belajar dari rumah di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian merupakan mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram. Data diambil melalui wawancara dengan mahasiswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles and Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa telah menjalani pembelajaran daring selama 4 semester dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Meet dan SPADA UNRAM sebagai media pembelajaran, dimana pada pengaplikasiannya mahasiswa tidak banyak mengalami kesulitan.ÃÂ Pemanfaatan internet digunakan dengan baik oleh mahasiswa untuk mencari materi dan berdiskusi dengan mahasiswa maupun dosen, dimana komunikasi mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa juga berjalan dengan lancar. Sebagian besar mahasiswa merasa kurang tertarik dengan pembelajaran daring karena adanya perubahan aktivitas belajar yang dihadapi, perubahan semangat belajar dan adanya kendala-kendala dalam belajar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar daring mahasiswa pada mata kuliah kimia inti dan radiasi sebagai upaya belajar dari rumah di tengah pandemi Covid-19 berjalan dengan baik walaupun terdapat beberapa kendala yang masih dapat diatasi oleh mahasiswa.
References
Anggito, A., Setiawan J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64ââ¬â70.
Dabbagh, N. (2007). The Online Learner: Characteristics and Pedagogical Implications. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education. 7(3), 217ââ¬â226.
Deno, M. E., Bili, M., Kaleka, U., Harso, A. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Universitas Flores Pada Masa Pandemik Corona Virus Disease 19. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110ââ¬â116.
Djamarah, S.B & Zain A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghony, M.D., & Almanshur, F. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Juliawan, I. W., Wiguna, D. G. E. S., & Bawa, P. W. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa BK IKIP PGRI Bali Pada Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar, 134ââ¬â142.
Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21ââ¬â30.
Sadirman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
________. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Author Biographies
Siti Husdianti Astiningsih, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram
Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram
Lalu Rudyat Telly Savalas, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram
Agus Abhi Purwoko, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram
Rahmawati Rahmawati, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Siti Husdianti Astiningsih, Aliefman Hakim, Lalu Rudyat Telly Savalas, Agus Abhi Purwoko, Rahmawati Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).