Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Koloid
Authors
Helmina Sari , Syarifa Wahidah Al Idrus , Rahmawati RahmawatiDOI:
10.29303/cep.v5i1.2697Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi MeiKeywords:
Modul Pembelajaran, Model Problem Based Learning, KoloidArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari modul pembelajaran kimia berbasis model problem based learning untuk kelas XI MIA di SMAN 1 Pemenang. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang dibatasi pada 3 tahapan yaitu Define, Design, dan Develop.Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA di SMAN 1 Pemenang tahun ajaran 2020/2021.Sampel dalam penelitian ini adalah dua puluh orang siswa dari kelas XI MIA tahun ajaran 2020/2021 dan seorang guru bidang studi kimia.Sampel ini diambil secara acak dan kemudian dijadikan sebagai responden untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas dari tiga orang validator yang diperoleh dengan menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,71 yang menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis model problem based learning untuk kelas XI MIA telah valid untuk digunakan. Sementara itu, kepraktisan dapat dilihat dari respon siswa dan guru yang menunjukkan respon positif dengan rata-rata persentase kepraktisan semua komponen modul sebesar 84,5%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis model problem based learning untuk kelas XI MIA di SMAN 1 Pemenang yang dikembangkan bersifat valid dan praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.
References
Asyhar, R., (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Depdiknas, 2008.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdiknas, (2016). Silabus Mata Pelajaran Kimia Peminatan Bidang IPA SMA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Devi, S. R., (2013). Pengembangan Permainan Chemist Academy Berbasis Mobile Game sebagai Media Pembelajaran Eksperimen Mandiri Peserta Didik SMA/MA Kelas XI Semester I Pokok Bahasan Laju Reaksi (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).
Duncan, M. J., & Al-Nakeeb, Y. (2006). Using problem based learning in sports related courses: An overview of module development and student responses in an undergraduate Sports Studies module. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 5(1), 50-57.
Esmiyati., (2013). Pengembangan Modul IPA Trepadu Bervisi SETS pada Tema Ekosistem. Semarang: UNNES Press.
Hamdan, A. R., Kwan, C. L., Khan, A., Ghafar, M. N. A., & Sihes, A. J. (2014). Implementation of Problem Based Learning among Nursing Students. International Education Studies, 7(7), 136-142.
KHAIRUNNUFUS, U. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning untuk Kelas XI SMA (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Khotim, H. N., Nurhayati, S., dan Hadisaputro, S. (2015). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah pada Materi Asam Basa. Chemistry in Education, 4 (2): 63-69.
Kurniawati, I. L., & Amarlita, D. M. (2013, December). Pengembangan bahan ajar berbasis masalah pada mata pelajaran kimia SMA kelas X dalam materi hidrokarbon. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Larasati, M., Fibonacci, A., & Wibowo, T. (2018). Pengembangan modul berbasis problem based learning pada materi polimer kelas XII SMK ma’arif nu 1 sumpiuh. Jurnal Tadris Kimiya, 3(1), 32-41.
Listiowati, A. D., & Widodo, A. T. (2013). Penerapan model pembelajaran problem based instruction dengan pendekatan Predict-Observe-Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(2):1069-1079.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Puspitasari, N. R., Ashadi, A., & Saputro, A. N. C. (2015). Studi Komparasi Penggunaan Media Animasi Dan Media Lks Dalam Pembelajaran Kooperatif Metode Teams Games Tournament (Tgt) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi Ipa Sman 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 8-14.
Rasyid, M. R. (2008). Optimalisasi Peran Guru dalam Proses Transformasi Pengetahuan dengan Menggunakan Media Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 11(1), 55-68.
Rosmalinda, D., Rusdi, M., & Hariyadi, B. (2013). Pengembangan modul praktikum kimia SMA berbasis PBL (Problem Based Learning). Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2): 1-7.
Saputra, A. Nurjannah, & Lamba, HA (2013). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Materi Suhu dan Kalor Berbasis Budaya Masyarakat Trans Lalundu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(4): 54-60.
Seftiana, T.A. (2015). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Problem Based Learning pada Materi Koloid sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sudjana, N. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindom.
Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Toharudin, U. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka.
Yamtinah, S., Budi, L., dan Redjeki, T. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik Kelas XI SMAN 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (3): 10-18.
License
Copyright (c) 2022 Helmina Sari, Syarifa Wahidah Al Idrus, Rahmawati Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).