Pengaruh Metode Praktikum Sederhana Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Terhadap Minat Belajar Siswa XI MA
Authors
Lian Yulianti , Agus Abhi Purwoko , Eka JunaidiDOI:
10.29303/cep.v4i1.2288Published:
2021-05-30Issue:
Vol. 4 No. 1 (2021): Edisi MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran praktikum sederhana. Alat praktikum yang digunakan ÃÂ pada proses pembelajaran dibuat sendiri oleh peneliti menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar dan bersifat lebih ekonomis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif true experimental design. Teknik pengambilan sampel dengan ÃÂ simple random sampling diperoleh 40 sampel yang terbagi menjadi 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Pengambilan data minat belajar siswa menggunakan angket tertutup (angket minat) ÃÂ skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis inferensial. . Analisis statistik inferensial menggunakan ÃÂ uji asumsi dan uji hipotesis.. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa antara penggunaan metode praktikum sederhana terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran kimia memiliki pengaruh positif. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan berdasarkan nilai ttabel < thitung ÃÂ dengan nilai thitung sebesar 10.48 dan ttabel sebesar 1.68.
Kata Kunci:Minat belajar siswa, metode praktikum sederhana.
ÃÂ
ÃÂ
Abstract
This study aims to determine the effect of student interest in learning by using simple practical learning method. The practicum tools used in the learning process are made by the researcher using materials that are easily available in the surrounding environment and are more economical. This research is a quantitative true experimental design. The sampling technique using simple random sampling obtained 40 samples divided into 20 students of the experimental class and 20 students of the control class. Retrieval of student learning interest data using a closed questionnaire (interest questionnaire) Likert scale. Data analysis techniques using inferential analysis. . Inferential statistical analysis uses assumption tests and hypothesis testing. Based on the results of data processing, it is found that the use of simple practicum methods on student interest in learning chemistry has a positive effect. This influence can be proven based on the value of t table <tcount with tcount of 10.48 and ttable of 1.68
ÃÂ
Keywords:The learning interest, simple practical learning method.
ÃÂ
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran praktikum sederhana. Alat praktikum yang digunakan ÃÂ pada proses pembelajaran dibuat sendiri oleh peneliti menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar dan bersifat lebih ekonomis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif true experimental design. Teknik pengambilan sampel dengan ÃÂ simple random sampling diperoleh 40 sampel yang terbagi menjadi 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Pengambilan data minat belajar siswa menggunakan angket tertutup (angket minat) ÃÂ skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis inferensial. . Analisis statistik inferensial menggunakan ÃÂ uji asumsi dan uji hipotesis.. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh bahwa antara penggunaan metode praktikum sederhana terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran kimia memiliki pengaruh positif. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan berdasarkan nilai ttabel < thitung ÃÂ dengan nilai thitung sebesar 10.48 dan ttabel sebesar 1.68.
Kata Kunci:Minat belajar siswa, metode praktikum sederhana.
References
Adu, L. (2014). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 3(1), 68-78.
Dulkiah, M. (2018). Pengaruh Kemiskinan Terhadap Tingkat Tindak Kriminalitas Di Kota Bandung. JISPO Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(1), 36-57.
Hadisi, L. (2016). Efektifitas Pendidikan Karakter Pada Sekolah Anak Usia Dini: Studi PadaTK Islam Terpadu Al-Qalam Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 11(2), 109-125. doi:10.31332/ai.v11i2.457
Ilma, N. (2015). Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 82-87.
Islam, S. (2017). Karakteristik pendidikan karakter; menjawab tantangan multidimensional melalui implementasi Kurikulum 2013. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 89-100.
Masamah, U., & Zamhari, M. (2016). Peran Guru Dalam Membangunan Pendidikan Berkesadaran Multikultural Di Indonesia. Quality, 4(2), 262-279. doi:10.21043/quality.v4i2.2124
Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter(1), 90-101.
Nasir, M. (1999). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 49-55.
Palupi, T., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan antara sikap dengan perilaku pro-lingkungan ditinjau dari perspektif theory of planned behavior. Paper presented at the Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning.
Saliman, Widiastuti, A., & Wulandari, T. (2013). Persepsi dan Sikap Mahasiswa Terhadap Pendidikan Karakter di Prodi Pendidikan IPS UNY. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2), 139-146. doi:10.21831/socia.v10i2.5350
Setiawan, A. (2014). Prinsip pendidikan karakter dalam islam: studi komparasi pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji. Dinamika Ilmu, 14(1), 1-12. doi:10.21093/di.v14i1.4
Suryaman, M. (2010). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), 112-126.
Wahidin, U. (2013). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 256-269. doi:10.30868/ei.v2i03.29
Wahyudin, D. (2009). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zamhari, M., & Masamah, U. (2016). Relevansi metode pembentukan pendidikan karakter dalam kitab Taââ¬â¢lim al-Mutaââ¬â¢allim terhadap dunia pendidikan modern. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 421-442. doi:10.21043/edukasia.v11i2.1724
Zuhriy, M. S. (2011). Budaya pesantren dan pendidikan karakter pada pondok pesantren salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287-310. doi:10.21580/ws.19.2.159
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).