Pengaruh Metode Praktikum Sederhana pada Materi Kepolaran Senyawa Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA
Authors
Zelisa Nudia Fitri , Yunita Arian Sani Anwar , Agus Abhi PurwokoDOI:
10.29303/cep.v4i1.2287Published:
2021-05-30Issue:
Vol. 4 No. 1 (2021): Edisi MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran praktikum sederhana. Alat praktikum yang digunakan ÃÂ pada proses pembelajaran dibuat sendiri oleh peneliti menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar dan bersifat lebih ekonomis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif true experimental design. Teknik pengambilan sampel dengan ÃÂ simple random sampling diperoleh 30 sampel yang terbagi menjadi kelas eksperimen danÃÂ kelas kontrol dengan cara pengundian lot nama siswa. Pengambilan data minat belajar siswa menggunakan angket tertutup (angket minat) ÃÂ skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan ÃÂ uji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi digunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung= 3,669 . Nilai thitung dikonsultasikan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk= 28 yaitu sebesar 1,701. Nilai ttabel < thitung hal ini menunjukkan bahwa uji hipotesis menerima Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan metode praktikum sederhana pada materi kepolaran senyawa terhadap minat belajar siswa kelas X SMA.
References
Baharuddin, I. 2014. Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol.2(2): 181-186.
Jahro,I.S. 2009. Desain Praktikum Alternatif Sederhana (PAS) Wujud Kreatifitas Guru Dalam Pelaksaan Kegiatan Praktikum Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia,Prodi Kimia,Pasca Sarjana UNIMED,Medan.
Latifah,S.,S.Sugiharto dan Saputro,A.N.C. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Praktikum dan Demonstrasi pada Metode Problem Solving Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Hidrolisis Garam Kelas XI Ilmu Alam SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.Jurnal Pendidikan Kimia.3(3): 111-120.
Luthvisari, N., N. Made D.P., dan S. Linuwih. 2012. Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Dan Kemahiran Generik SAINS. Journal of Innovative Science Education, JISE. Vol.1(2):92-97.
Maliawan, I. N., I. P. S. Arsa, dan K. U. Ariawan. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan (Fisika Terapan) pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal JPTE Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.4(1)
Muslim,B.,Erlinawati. 2016. Penerapan Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Konsep Sistem Koloid (PTK Di Kelas XI IPA MAN 2 Kota Tangerang).Jurnal Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biologi FTIK UIN Hidayatullah.Jakarta.ISBN 978-602-73551-0-8.
Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwoko A.A., Burhanuddin, Andayani Y., Hadisaputra S., Yulianti L, Fitri N.F., Pazira D. 2020. Validitas Instrumen Dalam Rangka Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Seminar Nasional Saintek 2020. ISBN 978-623-93266-6-1.
Putra, R,.Kusumo E,.Nurhayati S. 2013. Efektivitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Dasar Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal UNESA. ISSN No. 2252-6609.
Safari. 2003. Indikator Minat belajar.Jakarta:Rineka Cipta
Setiani dan Donni. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmin. 2015. Model Pembelajaran Inovatif Kreatif. Semarang: Unnes Press.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Umar N,. Parmin.,Wusqo I. 2016. Pengaruh Media Kartu Pintar Tumbuhan Berbasis Science Edutainment Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Tema Gerak Tumbuhan. Unnes Science Education Journal. ISSN 2502-6232.
Wahyudin, Sutikno, Isa, A. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia . ISSN.1693-1246.
Woolnough, B., dan Allsop, T.,. 1985. Practical Work In Science. Cambridge: Cambridge University P
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).