Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Sifat Koligatif Larutan di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
10.29303/cep.v5i1.2729Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi MeiKeywords:
modul, pembelajaran, POEArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan modul pembelajaran kimia berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi sifat koligatif larutan di masa pandemic covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan model penelitian Brog and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 5 Mataram pada tahun akademik 2020/2021, sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 23 siswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas (kelayakan) modul pembelajaran yang dikembangkan dari 4 validator dengan menggunakan indeks Aiken (V) sebesar 0,85 dalam kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan modul pembelajaran diukur melalui respon siswa terhadap modul pembelajaran. Hasil analisis respon siswa berada pada kategori sangat praktis dengan persentase praktikalitas sebesar 82,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis POE pada materi sifat koligatif larutan yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran mandiri di masa pandemi.
References
Asfiah, N., Mosik, M., & Purwantoyo, E. (2013). Pengembangan modul IPA terpadu kontekstual pada tema bunyi. Unnes Science Education Journal, 2(1), 188-195.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Dewara, N., & Azhar, M. (2019). Validitas dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga Berbasis Guided Discovery dengan Mengunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas XI SMA. Edukimia, 1(1), 16-22.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375.
Dewi, K. R., Setiadi, D., & Merta, I. W. (2021). Pengaruh pembelajaran online berbasis kooperatif dan Outcome Based Education terintegrasi kearifan lokal terhadap kemampuan berfikir kritis. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 151- 156.
Fitriana, D. E. N., Amelia, E., & Marianingsih, P. (2017). Penyusunan modul pembelajaran berbasis sains teknologi dan masyarakat (stm) pada konsep bioteknologi (Sebagai Bahan Ajar Siswa SMA Kelas XII). Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 60-72.
Gitnita, S., Kamus, Z., & Gusnedi, G. (2018). Analisis Validitas, Praktikalitas, dan Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Konten Kecerdasan Spiritual pada Materi Fisika Tentang Vektor dan Gerak Lurus. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 11(2), 152-160.
Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., &Fathoroni, F. (2020). Variations of models and learning platforms for prospective teachers during the COVID-19 pandemic period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70.
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47.
Jannah, W. (2018). Validitas dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing dan Promting untuk Kelas XI SMA/MA. Menara Ilmu, 12(12).
Jayanti, E. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 1-11.
Muljono, P. (2007). Kegiatan penilaian buku teks pelajaran pendidikan dasar dan menengah. Buletin BNSP, 2(1), 14 – 23.
Prabowo, C. A., Ibrohim, I., & Saptasari, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium virtual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1090-1097.
Putria, H., Maula, L., & Uswatun, D. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (DARING) masa pandemi COVID-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.
Riduwan. (2007). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta Rineka Cipta.
Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). The implementation of POE (Predict Observe Explain) model to improve student’s concept understanding on Newton’s law. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 55-57.
Sadiman, R., H & R. (2014). Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sistyarini, D. I., & Nurtjahyani, S. D. (2017, October). Analisis Validitas terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 14, No. 1, pp. 581-584).
Su’udiah, Firdaus., I Nyoman Sudana Degeng dan Dedi Kuswandi. 2016. Pengembangan buku teks tematik berbasis kontekstual. Jurnal Pendidikan. 1(9): 1744-1748.
Sudjana, N. dan Ahmad, R. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Preda Media Grup.
Zaputra, R., Festiyed, F., Adha, Y., & Yerimadesi, Y. (2021). Meta-Analisis: Validitas dan Praktikalitas Modul IPA Berbasis Saintifik. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 45-56.
Author Biographies
Nikita Putri, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Yunita Arian Sani Anwar, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2022 Nikita Putri, Eka Junaidi, Aliefman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).