Pengembangan Modul Praktikum Mandiri Terintegrasi Green Chemistry Pada Pokok Bahasan Asam Basa
DOI:
10.29303/cep.v4i3.2701Published:
2021-11-30Issue:
Vol. 4 No. 3 (2021): NovemberKeywords:
modul, praktikum, green chemistry, mandiriArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik modul praktikum mandiri terintegrasi green chemistry pada pokok bahasan asam basa yang dikembangkan, 2) tingkat kelayakan serta kepraktisan modul praktikum untuk menunjang pembelajaran mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model penelitian 4D (define, design, develop, disseminate). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA SMAN 1 Selong pada tahun akademik 2020/2021, sedangkan sampelnya adalah 22 siswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas (kelayakan) modul praktikum yang dikembangkan dari 4 validator dengan menggunakan indeks Aiken (V) sebesar 0,86 dalam kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan diukur melalui respon siswa terhadap modul praktikum. Hasil analisis respon siswa berada pada kategori sangat praktis dengan persentase praktikalitas sebesar 87,2%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum mandiri terintegrasi green chemistry pada pokok bahasan asam basa yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran mandiri di masa pandemi.
References
Al Idrus, S. W., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 541-547.
Anastas, P., & Eghbali, N. (2010). Green chemistry: principles and practice. Chemical Society Reviews, 39(1), 301-312.
Arikunto, S. (2013). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, U. (2017). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Bernuansa Green chemistry Pada Materi Asam Basa, Larutan Penyangga, dan Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMA Institut Indonesia Semarang (Skripsi), Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Teknik Penyusunan Modul. 1ââ¬â14.
Faika, S., & Side, S. (2015). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Chemica, 12, 18-26.
Indira, C. (2015). Pembuatan Indikator Asam Basa Karamunting. Jurnal Kaunia, 11(1), 1ââ¬â10.
Karanggulimu, L., Sudjito, D. N., & Noviandini, D. (2019). Desain Modul Praktikum Mandiri Tentang Gerak Parabola Menggunakan Simulasi PHET Projectile Motion. Seminar Nasional Pendidikan Sains dan Teknologi (hal. 216ââ¬â226). Semarang: Fakultas MIPA Universitas Muhammadiyah Semarang.
Muhammad, H. (2020). Menyiapkan pembelajaran di masa pandemi: Tantangan dan peluang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lee, W. A., Listyarini, F.D.N., Pamenang, J., Harta, L., & Wijayanti, W. (2019). The Integration of Green chemistry Principles Into Small Scale Chemistry Practicum For Senior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 371-378.
Nurdjito. (2013). Pre-test dan Work Plan Sebagai Strategi Pembelajaran Efektif Pada Praktikum Bahan Teknik Lanjut Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 4(21), 335-339.
Retnawati, H. 2006. Validitas Reliabilitas dan Karakteristik (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Riduwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Rockhim, D., Asrori, M., & Widiarti. (2020). Pengembangan Virtual Laboratory pada Praktikum Pemisahan Kimia Terintegrasi Telefon Pintar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 216-226.
Suardana, I.K. (2012). Implementasi Model Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 56-65.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta Kencana.
Author Biographies
Baiq Fanesa Rizkilia Kusuma, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitar Mataram
Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitar Mataram
Yunita Arian Sani Anwar, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitar Mataram
Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitar Mataram
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).