Pendekatan Green Chemistry dalam Modul Praktikum Kimia Lingkungan untuk Meningkatakan Kreatifitas Mahasiswa Calon Guru Kimia
DOI:
10.29303/cep.v3i2.2110Published:
2020-11-19Issue:
Vol. 3 No. 2 (2020): NovemberArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan bagian dariàpengembangan modul praktikum kimia lingkungan berbasis green chemistry, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kreatifitas mahasiwa kimia lingkungan sebagai calon guru. Penelitian ini dilakukan di Prodi Kimia FKIP Universitas Mataram dengan subyek penelitian mahasiswa kimia lingkungan semester VI. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pretes dan postes dalam bentuk soal soal uraian dengan indicator berfikir kreatif. Postes diberikan setelah dilakukan praktikum dengan mengimplementasikan modul praktikum kimia lingkungan berbasis green chemistry. Peningkatan sebelum dan sesudah implementasi modul praktikum dihitung dengan rumus gain ternormalisasi (normalized gain). Hasil yang diperoleh untuk indicator berfikir kreatif elaboration berada pada kategori ââ¬Å Tinggiââ¬Â, dengan rata rata hasil post tes 89. Indicator berfikir kreatif originality pada kategori ââ¬Å Tinggiââ¬Â, dengan rata rata hasil post tes 81. àIndicator berfikir kreatif fleksiblity pada kategori ââ¬Å tinggiââ¬Â, dengan rata rata hasil post tes 79, àdan indicator fluency pada kategori ââ¬Å Sedangââ¬Â, dengan rata rata hasil post tes 77.ÃÂ
Kata Kunci: green chemistry, meningkatkan kreatifitas mahasiswa
References
Anastas, P. T., Levy, I. J., & Parent, K. E. (2009). Green Chemistry Education. ACS Symposium Series (Vol. 1011). https://doi.org/10.1021/bk-2009- 1011.fw001
.
Anderson, W. L & Krathwohl. R. D. (2001). Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Terjemahan Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Bao, L. (2006). Theoritucal Comparisons of Average Normalized Gain Calculations. Department of Physics, the Ohio State University: Physiscs Education Research. AM. J. Phys., Vol. 74, No. 10. DOI: 10.1119/1.2213632
Djamarah, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Indonesian Journal of Biologi Education. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i1.11452
Kenedi. (2017). Penerapan Pembelajaran Model Elaborasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. 3(3).
Kurniati & Wahyuningrum, D. 2011. Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di SMA/MAmelalui Penyusunan Modul Praktikum Isolasi dan Identifikasi Senyawa dalam Daun Tanaman Mint (Mentha cordifolia opiz).Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains 2011.Bandung, 22-23 juni 2011
Purnamaningrum, A., Dwiastuti, S., Probosari, R. M. P., & Noviawati. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi. 4(3): 39-51.
Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Van Hook, S.J., Huziak-Clark, T.L., Nurnberger-Haag, J., dan BalloneDuran, L. (2009). Developing an understanding of inquiry by teachers and graduate student scientists through a collaborative professional development program. Electronic Journal of Science Education, 13(2): 30-61
Venkataraman, B. (2009). Education for sustainable development. ââ¬Â¦ Science and Policy for Sustainable Development, 2005ââ¬â2014. https://doi.org/10.2139/ssrn.1485401
Author Biographies
Syarifa Wahidah Al-Idrus, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).