Pengembangan Modul Praktikum Isolasi Senyawa Dari Daun Ubi Karet Sebagai Penunjang Perkuliahan Kimia Bahan Alam
DOI:
10.29303/cep.v3i1.1425Published:
2020-05-29Issue:
Vol. 3 No. 1 (2020): MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Langkah-langkah proses pengembangan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi kuersetin-3-O-glikosida (rutin) dari daun ubi karet. (2) Tingkat kelayakan serta kepraktisan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi kuersetin-3-O-glikosida (rutin) dari daun ubi karet yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia semester VI berjumlah enam puluh tujuh (67)ÃÂ yang pada saat penelitian ini sedang memprogramkan mata kuliah kimia bahan alam. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil empat puluh (40) orang mahasiswa dari populasi yang kemudian dijadikan sebagai responden untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas yang diperoleh dengan menggunakan indeks Aiken adalah V=0,9 dan modul praktikum berada pada pada kategori sangat valid dan sangat layak digunakan. Sementara itu, praktikalitas dapat dilihat dari respon mahasiswa dan dosen dengan rata-rata praktikalitas semua komponen modul sebesar 82 % respon mahasiswa dan 89% respon dosen yang berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi kuersetin-3-O-glikosida (rutin) dari daun ubi karet yang dikembangkan memalui model 4D dan modul yang dihasilkan sangat layak dan sangat praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul praktikum, kimia bahan alam, Kuersetin-3-O-glikosida (Rutin).
References
Arikunto, S. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Fajriyani. 2017. Pengembangan Modul Praktikum Kimia Dasar Terintegrasi Ilmu Fisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika (skripsi). UI N Alauddin Makassar.
Hakim, A., Jufri, A.W., Jamaluddin, Andayani, Y., Rahayuan, B.D. and Supriadi. 2019. Promoting Studentsââ¬â¢ Metacognition in Natural Product Chemistry Course through Mini Project Laboratory. Open Access Library Journal, 6: e5815. Doi: 10.4236/oalib.1105815
Hidayati, A. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Pengajuan Masalah dengan Menyisipkan Nilai Islami di SDIT Ghilmani Surabaya. (skripsi). UIN Sunan Ampel Surabaya.
Syamsudin, A. 2005. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yildiz, F. 2010. Develop and manifacture of yogurt and other fungsional dairy products. CRC Presss. New York : XI + 440 hlm.
Yusuf, S dan Untari, B. 2005. ââ¬ÂKuersetin-3-O-Glikosida (Rutin) Dari Daun Ubi Karet (Manihot Glaziovii.M.A)ââ¬Â. Literatur Penelitian Sains. 18:1-8.
Author Biographies
Siti Hajar, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).