Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia

Authors

Lilis Sulistyanti , Jeckson Siahaan , Eka Junaidi

DOI:

10.29303/cep.v2i1.1137

Published:

2019-05-24

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2019): Mei

Articles

Downloads

How to Cite

Sulistyanti, L., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) dipadukan dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar kimia materi pokok laju reaksi pada siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram. Jenis penelitianà ini merupakan quasi experimental dalam bentuk Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) dipadukan dengan metode demonstrasi sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik diperoleh thitung = 5,009 > ttabel = 1,671 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) dipadukan dengan metode demonstrasi memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar kimia materi pokok laju reaksi pada siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram.

References

Artadana, GP., Marhaeni., Suarni, K. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan CD Interaktif Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas X Sekolah Menengah Atas Luar Biasa C1 Negeri Denpasar. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 5 (1) : 1 ââ¬â 10.

Budiyanto, A. K. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang : UMM Press.

Huda, M. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Makeââ¬âA Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. 3 (2) : 199 ââ¬â 211.

Kamoyo, R., Rede A., Sabang, SM. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Kelas III SDN Mire. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 5 (2): 102 ââ¬â 111.

Lestari., Tangkas, M. I., Sabang, S. M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Pasangkayu pada Pokok Bahasan Bentuk Molekul. Jurnal Akademika Kimia. 3 (1) : 15-20.

Selvianti., Ali, M. S., Helmi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XIIA SMAN 1 LILIRILAU. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 11(1) : 22-33.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardani, N., Muntari, M., Hadisaputra, S., & Loka, I. N. (2019). Studi Perbandingan Hasil Belajar Kimia antara Model Pembelajaran Team Quiz dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar. Chemistry Education Practice, 1(2), 14-19.

Wardhani, I.Y., Sajidan., Maridi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray disertai Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. 4 (1) : 40-55

Author Biographies

Lilis Sulistyanti, Prodi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Jeckson Siahaan, Prodi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Eka Junaidi, Prodi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>