Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam Berbasis Generik Sains: Isolasi Kafein Dari Bubuk Kopi
Authors
Baiq Fara Dwirani Sofia , Aliefman Hakim , Aenun SafitriDOI:
10.29303/cep.v3i1.1770Published:
2020-05-29Issue:
Vol. 3 No. 1 (2020): MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui: (1) langkah-langkah proses pengembangan modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi kafein dari bubuk kopi., (2) Tingkat kelayakan serta kepraktisan modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi kafein dari bubuk kopi yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (define, design, develop, and dissemination). Populasi dalam penelitian ini meliputi mahasiswa program studi pendidikan kimia angkatan 2016/2017 yang berjumlah 67 mahasiswa dan sudah memprogramkan mata kuliah kimia bahan alam. Sampelàpenelitian yaitu 15 mahasiswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan nilai validitas dari tiga orang validator yang diperoleh menggunakan indeks Aikenââ¬â¢s adalah V = 0,7 yang menunjukkan bahwa modul praktikum praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi kafein dari bubuk kopi telah valid dan layak digunakan. Sementara itu, praktikalitas dapat dilihat dari respon mahasiswa dan dosen yang menunjukkan respon positif dengan rata-rata praktikalitas semua komponen sebesar 85% respon mahasiswa dan 94% respon dosen. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains tentang isolasi kafein dari bubuk kopi yang dikembangkan bersifat layak dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
ÃÂ
Kata kunci: Pengembangan, Modul, Kimia Bahan Alam, Kopi, Kafein
ÃÂ
References
Agustin, Rika R., (2013). Pengembangan Keterampilan Generik Sains melalui Penggunaan Multimedia Interaktif. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 18, No. 2 hal: 253-257.
Atun, Sri., (2014). Metode Isolasi dan Identifikasi Struktur Senyawa Organik Kimia Bahan Alam. Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur, Vol. 8, No. 2 hal: 53-61.
Erawanto, U. dan Santoso, E., (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Membantu Meningkatkan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, Vol. 2, No.2 hal: 427-436.
Fajriana, N. H. dan Fajriati, I., (2018). Analisis Kadar Kafein Kopi Arabika (Coffea arabica L.) pada Variasi Temperatur Sangrai secara Spektrofotometri Ultra Violet. Analytical and Environmental Chemistry, Vol. 3, No. 2 hal: 148-162.
Gustinasari, M. Lufri dan Ardi., (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, Vol. 1, No. 1 hal: 60-73.
Hakim, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., Andayani, Y., Rahayuan, B. D., & Supriadi, S. (2019). Promoting Studentsââ¬â¢ Metacognition in Natural Product Chemistry Course through Mini Project Laboratory. Open Access Library Journal, 6(10), 1-8.
Mahmudah, S. Sukib, S. dan Hakim, A., (2018). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Trimiristin dari Pala. Chemistry Education Practice, Vol. 1, No. 1 hal: 20- 25.
Misfadhila, S. Zulharmita dan Siska, D. H., (2016). Pembuatan Kafein Salisilat secara Semisintetis dari Bubuk Kopi Olahan Tradisional Kerinci. Jurnal Farmasi Higea, Vol. 8, No. 2 hal: 175-188.
Nulhaqim, S. A. Heryadi, R. R. Pancasilawan, R. dan Fedriyansyah, M., (2015). Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Menghadapi ASEA Comunity 2015. Social Work Jurnal, Vol. 6, No. 2 hal: 154-272.
Nugraheni, F. T. Dewi, M. Septiyana, R., (2017). Perbandingan Rendemen Kristal Kafein pada Biji Kopi (Coffea arabica l.) dan Coklat (Theobroma cacao l.) dengan Menggunakan Metode Refluks. Cendekia Journal of Pharmacy, Vol. 1, No. 1 hal: 41-48.
Pujani, Ni Made., (2014). Pengembangan Perangkat Praktikum Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa Berbasis Kemampuan Generik Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 3, No. 2 hal: 471-484.
Sugiyono., (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Thiagarajan, Sivasailam, dkk., (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Penerbit National Center for Improvement Educational System. Washinton DC.
Wasia, N. H. Sudarma , I. M. Savalas, L. R. T. dan Hakim, A., 2017. Isolasi Senyawa Sinamaldehid dari Batang Kayu Manis (Cinnamomum Burmanii) dengan Metode Kromatografi Kolom. Jurnal Pijar MIPA, Vol. 12, No. 2 hal: 91-94.
Author Biography
Aenun Safitri, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2020 Aenun Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).