Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam Tentang Isolasi Senyawa Dari Minyak Kayu Manis

Authors

Anjalika Sari , Lalu Rudyat Telly Savalas , Aliefman Hakim

DOI:

10.29303/cep.v3i1.1427

Published:

2020-05-29

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2020): Mei

Articles

Downloads

How to Cite

Sari, A., Savalas, L. R. T., & Hakim, A. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam Tentang Isolasi Senyawa Dari Minyak Kayu Manis. Chemistry Education Practice, 3(1), 12–16. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1427

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Langkah-langkah proses pengembangan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi senyawa dari minyak kayu manis. (2) Tingkat kelayakan serta kepraktisan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi senyawa dari minyak kayu manis yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, develop, dan Disseminate). Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kimia tahun angkatan 2016/2017 yang berjumlah 67 orang dan memprogramkan mata kuliah Kimia Bahan Alam. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu 40 orang mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Kimia tahun angkatan 2016/2017 yang memprogramkan mata kuliah Kimia Bahan Alam dan kemudian dijadikan sebagai responden untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas yang diperoleh dengan menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,89 dan modul praktikum berada pada kategori sangat valid dan sangat layak digunakan. Sementara itu, praktikalitas untuk semua komponen modul diperoleh nilai rata-rata dari respon mahasiswa sebesar 83,43% dan dari respon dosen sebesar 86,35% yang menunjukkan bahwa modul praktikum berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi senyawa dari minyak kayu manis yang dikembangkan dengan model 4D telah terlaksana dan diperoleh modul praktikum bersifat sangat layak dan sangat praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.

References

Arikunto, S. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darwis, D. 2000. Teknik Dasar Laboratorium Dalam Penelitian Senyawa Bahan Alam Hayati. Padang: Universitas Andalas Press.

Irmayanti, N.S. 2017. ââ¬ÅPengembangan Modul Pembelajaran Berkreasi dengan Clay bagi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri1 Barru Kabupaten Baruuââ¬Â. Jurnal Universitas Negeri Makassar.1-18.

Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Jayaprakasha, G.K., Rao, L. J., Sakariah, K. K. Chemical Composition of the Volatile Oil from the Fruits of Cinnamomum zeylanicum Blume. Flav. Frag. J. 2002; pp 990-993.

Mallavarapu, G. R., Ramesh, S. Chandrasekhara, R. S., Rajeswara Rao, B. R., Kaul, P. N., and Battacharya, A. K. 1995. Investigation of the Essential oil of Cinnamon Leaf Grown at Bangalore and Hyderabad. Flav. Frag. J. 10; 239-242.

Nasution. 2015. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prasetya, N.B.A., Ngadiwiyana. 2006. Identifikasi Senyawa Penyusun Minyak Kulit Batang Kayu Manis (Cinnamomum cassia) menggunakan GC-MS. Jurnal Kimia Sains. 9(3). 83-86.

Putra, N. 2011. Research & Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengatar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rustaman. N.Y. 2005. Pendidikan Biologi Dan Trend Penelitiannya. Bandung: FMIPA UPI.

Santyasa, I.W. 2009. ââ¬ÅMetode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modulââ¬Â. Makalah Disajikan Dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung, 12-14.

Author Biographies

Anjalika Sari, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Lalu Rudyat Telly Savalas, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>