Isolasi Enzim Lipase dari Endosperma Kelapa Sebagai Bahan Referensi Petunjuk Praktikum Biokimia

Khatmizarullah Khatmizarullah, Lalu Rudyat Telly Savalas, Yunita Arian Sani Anwar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Langkah-langkah isolasi enzim lipase dari endosperma kelapa, 2) Tingkat kelayakan dan kepraktisan petunjuk praktikum Biokimia I tentang isolasi enzim lipase dari endosperma kelapa. Penelitian ini merupakan penelitian Reasearch and Development dengan desain penelitian mengikuti model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh mahasiswa program studi pendidikan kimia tahun akademik 2019/2020 yang telah memprogramkan mata kuliah Biokimia I, sedangkan sampelnya adalah 20 mahasiswa yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas (kelayakan)  menggunakan indeks Aiken (V) sebesar 0,73 dari empat validator, yang menunjukkan bahwa petunjuk praktikum yang dikembangkan tergolong valid dan layak untuk digunakan. Tingkat kepraktisan petunjuk praktikum diukur dari respon mahasiswa dan dosen. Hasil analisis respon mahasiswa dan dosen menunjukkan tingkat kepraktisan petunjuk praktikum yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa petunjuk praktikum Biokimia I tentang isolasi enzim lipase dari endosperma kelapa yang dikembangkan bersifat layak dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords

Enzim Lipase, Pengembangan, Petunjuk Praktikum

Full Text:

PDF

References

Arifan, F., Yulianto, M.E., Wikanta, D.K., &Damayanti, N. (2011). Pengembangan BioreaktorEnzimatik Untuk Produksi Asam Lemak dariHasil Samping Penggilingan Padi Secara InSitu. Semarang: Jurusan Teknik Kimia PSD IIIUNDIP.

Ariyanti. (2010). Pembelajaran berbasis Praktikum Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA. 1(2), 1-12.

Asmaningrum, Henie, P., Imam, K., & Kamariah. (2018). Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar Terintegrasi Etnokimia Untuk Mahasiswa. Jurnal Tadris Kimiya. 3(5), 125-134.

Atrisman., Hairida., & Fitriani. (2017). Analisis Kemampuan Psikomotorik Dalam Praktikum Biokimia Percoban Lipid pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. 4(1), 1-12.

Awang, I.S. (2017). Strategi Pembelajaran, Tinjauan Umum Bagi Pendidik. Kalimantan Barat: STKIP Presda Khatulistiwa.

Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I. W. B., & Sanjayanti, N. P. A. H. (2020). Kepraktisan Panduan Praktikum Ipa Sederhana Sekolah Dasar (SD) Berorientasikan Lingkungan Sekitar. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 310-314.

Djarkasi, G.S., Sri, R., & Zuheid, N. (2017). Isolasi dan Aktivitas Spesifik Enzim Lipase Indigenous Biji Kenari. Jurnal Teknologi Pertanian. 8(1), 28-35.

Emda, A. (2017). Laboratorium sebagai sarana pembelajaran kimia dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kerja ilmiah. Lantanida journal, 5(1), 83-92.

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi Aksara.

Gasong, D. (2009). Model pembelajaran konstruktivistik sebagai alternative mengatasi masalah pembelajaran. Penelitian (tidak diterbitkan). PPs Teknologi Pendidikan, UNJ Jakarta.

Murti, S., Muhibbuddin, & Nurmaliah, C. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Pratikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik Pada Perkuliahan Anatomi Tumbuhan. Jurnal Biologi Edukasi. 6(1), 1-8.

Prayitno, T.A. (2017). Pengembangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Biota. 3(1), 31-37.

Su’i., Harijono., Yunianta., & Auliani’am. (2011). Perubahan Aktivitas Enzim Lipase Dari Buah Kelapa Selama Pertunasan. Berk. Penel. Hayati. 16(155-159).

Supriyatna, A., Dea,A., Ayu, A.J., &Dyna, H. (2015). Akitivitas Enzim Amilase, Lipase, dan Protease dari Larva. Jurnal Istek. 9(2), 18-32.

Sya’bani’, N., Winni, A., & Djihan, R.P. (2017). Isolasi dan Karakterisasi Lipase Dari Kecambah Biji Alpukat (Presea americana Mill). Jurnal Atomik. 2(2), 209-212.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.