Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Authors
Baiq Muna Waratul Islamiyah , Syarifa Wahidah Al Idrus , Yunita Arian Sani AnwarDOI:
10.29303/cep.v2i2.1294Published:
2019-11-30Issue:
Vol. 2 No. 2 (2019): NovemberArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X MIA MAN 2 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperimen dalam bentuk rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Mataram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dan X MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) sedangkan kelas kontrol diberi perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Indikator kemampuan berpikir kritis yang diukur dalam penelitian ini yaitu kemampuan memberikan penjelasan sederhana dan kemampuan menyimpulkan. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Anova. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menunjukkan Fhitung (0,00605) < Ftabel (3,98) yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan nilai signifikansi diperoleh 0,05 < sig. 0,938 yang lebih menguatkan bahwa H0 diterimaÃÂ yang berarti model pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
ÃÂ
References
Agustina, P; Noor, F; Chansyanah, D dan Nina, K. 2013. Peningkatan Keterampilan Inferensi dan Penguasaan Konsep Pada Materi Termokimia Melalui Model Pembelajaran POE. Pendidikan Kimia Universitas Lampung.
Astuti, Arni. 2009. Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan CTL (Contexual Teaching and Learning) Melalui Metode Proyek Dan Eksperimen Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa (Studi Kasus Pada Materi Larutan Asam Basa Kelas XI IPA Semester 2 SMA Negeri I Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009). Surakarta.
Astuti, Y & Setiawan, B. 2013.Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.3 (1).
Bassham, W; Nardone dan Irwin. 2011. Critical Thinking A Studentââ¬â¢s Introduction. New York: McGraw-Hill.
Burhan, A.V., Suherman., Mirna. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 18 Padang. Jurnal Education. 1(1). 1-8.
Ennis, R.H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline Of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Chicago: University Of Illinois.
Kemdikbud. 2014. Modul Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sosiologi SMA/SMK Tahun 2014/2015. Jakarta: Kemdikbud.
Muna, I.A. 2017. Model Pembelajaran POE (Preidict, Observe and Explain) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. Jurnal Studi Agama. 5(1). 17-26.
Nurmalasari, A.L; Jayadinata, A.K dan Maulana. 2016. Pengaruh Strategi Predict, Observe and Explain (POE) Berbantuan Permainan Tradisional Siswa pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah. Vol 1(1): 181-190.
Sari, W. P; Suyanto, E dan Suana, W. 2016. Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 6(2): 52-62.
Suyanto, Y.P; Susanto, H dan Linuwih, S. 2012. Efektifitas Penggunaan Strategi Predict, Observe and Explain (POE) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R &D . Bandung: Alfabeta.
________. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Kesetimbangan Kelarutan Kelas XI MIA SMAN 2 Labuapi Tahun Ajaran 2017/2018. Chemistry Education Practice, 1(2), 27-35.
Zubaidah, S; Ardian, A.P dan Herawati, S. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Teams Games Tournaments untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IPA 4 SMA Laboratorium UM. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS: 963-968.
License
Copyright (c) 2019 Baiq Muna Waratul Islamiyah, Syarifa Wahidah Al Idrus, Yunita Arian Sani Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).