Pengembangan Modul Praktikum Generik Sains Mata Kuliah Kimia Bahan Alam: Isolasi Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) dari Kulit Biji Jambu Mete
DOI:
10.29303/cep.v5i1.3110Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi MeiKeywords:
Pengembangan, Modul Praktikum, Isolasi, Kimia Bahan AlamArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Langkah-langkah proses pengembangan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) dari kulit biji jambu mete. (2) Tingkat kevalidan serta kepraktisan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) dari kulit biji jambu mete yang sudah dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Development and Dissemination). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Kimia angkatan 2018 berjumlah 76 orang yang sudah memprogramkan mata kuliah Kimia Bahan Alam. Sampel dalam penelitian berjumlah 76 orang dan kemudian dijadikan sebagai responden uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,8 dan modul praktikum berada pada kategori valid dan layak digunakan. Sementara itu, kepraktisan untuk semua komponen modul diperoleh nilai rata-rata dari respon mahasiswa sebesar 86% dan dari respon dosen sebesar 83% yang menunjukkan bahwa modul praktikum yang dikembangkan berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan modul praktikum kimia bahan alam tentang isolasi CNSL dari kulit biji jambu mete yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Agustin, R. R. (2013). Pengembangan Keterampilan Generik Sains melalui Penggunaan Multimedia Interaktif. Jurnal Pengajaran MIPA, 18 (2), 253-257.
Agustina, S., Muslim, M., dan Taufik. (2016). Analisis Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Praktikum Besaran dan Pengukuran Kelas X Di SMA Muhammdiyah 1 Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisik, ISSN: 2355-7109.
Akinhanmi, T.F. (2008). Chemical Composition and Physicochemical Properties Of Cashew nut (Anacardium occidentale) Oil and Cashew nut Shell Liquid. J.Of Agric. Food and Environmental Science,. 2 (1), 1-7.
Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktorat UPI.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta..
Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cahyaningrum, A., Setiyowati,T., dan Nur, A. (2006). Ekstraksi Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) Dari Kulit Biji Mete. EKUILIBRIUM, 5 (1), 40-45.
Dalimartha, S. (2008). Khasiat Jambu Mede. Bandung: Cybermed.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul, Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dan Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Fajriyani. (2017). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Dasar Terintegrasi Fisika Ilmu Fisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika. Skripsi 1. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Press.
Fatma, E., dan Utami, L. (2018). Studi Komparasi Metode Eksperimen Berbasis Inkuiri Dan Verifikasi Terhadap Keterampilan Generik Sains. Jurnal Tadris Kimiy,. 3 (2), 145-157.
Hakim, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., Andayani, Y., Rahayuan. B. D., dan Supriadi. (2019). Promoting Students’ Metacognition in Natural Product Chemistry Course through Mini Project Laboratory. Open Access Library Journa, 6 (10), 1-8.
Idrus, S. W., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., dan Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lingkungan. Jurnal Pijar MIPA, 15 (5), 541-547.
Mahmudah, S., Sukib ., dan Hakim, A. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Trimiristin dari Pala. Chemistry Education Practice, 1 (1), 20-25.
Ngara, Z. S., Budiana, I. G. M., Warsito, A., dan Amitiran, I. (2010). Identifikasi Senyawa Kardanol Hasil Isolasi CNSL Asal Alor Berdasarkan Spektrum FTIR dan GC-MS. Jurnal MIPA FST UNDANA, 8 (1), 9-16.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Diva press.
Pujani, N. M. (2014). Pengembangan Perangkat Praktikum Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa Berbasis Kemampuan Generik Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3 (2):,471-484.
Raharjo, T. (2013). Kimia Bahan Alam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Retnawati, H. (2016). Validitas Reliabilitas Dan Karakteristik Butir (Panduan Untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Ramdhaniah, N., Hakim, A., dan Junaidi, E. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam: Isolasi Triterpenoid Lupeol Dari Daun Mangrove Sonneratia Alba. Chemistry Education Practice. 4 (2), 121-128.
Riduwan. (2017). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Safitri, A., Hakim, A., dan Sofia, B. F. D. (2020). Pengembangan modul praktikum kimia bahan alam berbasis generik sains: isolasi kafein dari bubuk kopi. Chemistry education practice, 3 (1), 47-53.
Towaha, J., dan Ahmadi, N R. (2011). Pemanfaatan Cashew Nut Shell Liquid Sebagai Sumber Fenol Alami Pada Industri. Buletin RISTRI, 2 (2), 187-198.
Author Biographies
Helita Sefitri Dechayantari, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Syarifa Wahidah Al Idrus, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2022 Helita Sefitri Dechayantari, Aliefman Hakim, Syarifa Wahidah Al Idrus, Mukhtar Haris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).