Pengaruh Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik

Authors

Baiq Rohmi Masban

DOI:

10.29303/cep.v4i3.2583

Published:

2021-11-30

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2021): November

Keywords:

Blended learning, motivasi belajar, pemahaman konsep

Articles

Downloads

How to Cite

Masban, B. R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Chemistry Education Practice, 4(3), 301–309. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2583

Abstract

Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pandemi Covid-19. Kebijakan social distancing menyebabkan pembelajaran luring harus dikurangi dan diganti dengan pembelajaran daring. Tetapi pembelajaran menggunakan media daring (Google Classroom) di SMA Negeri 1 Sakra ternyata membuat peserta didik menjadi kurang termotivasi untuk belajar. Kurangnya motivasi ini menyebabkan nilai ulangan peserta didik pada mata pelajaran kimia bisa dibilang sangat mengecewakan (sangat rendah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran Blended learning Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Sel volta di SMA Negeri 1 Sakra dengan metode penelitian pre experiment dan rancangan penelitian one group pretest Posttest design. Subyek penelitian berjumlah 30 orang yaitu kelas XII MIPA1 SMA Negeri 1 Sakra Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menggunakan pembelajaran blended learning. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen kuesioner untuk motivasi belajar dan instrumen tes berbentuk pilihan ganda untuk pemahaman konsep. Data yang diperoleh di uji menggunakan uji N-Gain, dan diuji normalitas dan homogenitasnya. Penggunaan pembelajaran blended learning, meingkatkan motivasi belajar dari rata-rata 63.24 menjadi 81.16 dan hasil belajar meningkat dari 35.1 menjadi 75.6. Penggunaan pembelajaran blended learning, memberikan kontribusi sebesar 47% (Nilai N-Gain = 0.47) terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik danà memberikan kontribusi sebesar 61% (Nilai N-Gain = 0.61) terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik di kelas XII MIPA1 SMA Negeri 1 Sakra. Data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen karena karena nilai Lhitung < Ltabel dan Fhitung < Ftabel, sehingga Hââ⬠diterima pada taraf signifikansi 5% (ñ = 0.05).

à

References

Alfina, O. (2020). Penerapan lms-google classroom dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Majalah Ilmiah Methoda, 10(1), 38-46.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., ... & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score. Indiana: Indiana University.

Haniah, N. (2014). Uji normalitas dengan metode liliefors.

Juliannisa, I. A. (2020). Peningkatan Pembelajaran Melalui Situs Media Online dengan Metode Blended Learning Pada Masyarakat Desa Bojongcae. Journal of Dedicators Community, 4(1), 68-78.

Kemendikbud, R. I. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning. Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka.

Nasional, D. P. (2008). Panduan analisis butir soal. Jakarta: Depdiknas.

Noveandini, R., & Wulandari, M. S. (2010). Pemanfaatan media pembelajaran secara online (e-learning) bagi wanita karir dalam upaya meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa/i Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Parawanti, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Model Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Puspitasari, R. (2020). Hikmah pandemi Covid-19 bagi pendidikan di Indonesia. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sari, M. (2016). Blended learning, model pembelajaran abad ke-21 di perguruan tinggi. Ta'dib, 17(2), 126-136.

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).

Sitinjak, T. J. (2006). LISREL. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).

Author Biography

Baiq Rohmi Masban, SMA Negeri 1 Sakra

Guru Mata Pelajaran Kimia (Pangkat dan Golongan : Penata Tk.I, III/d)

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.