Pengaruh Jurnal Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Hidrokarbon

Authors

Annisa Septian Nurkhasanah , Mukhtar Haris , Jeckson Siahaan

DOI:

10.29303/cep.v3i1.1546

Published:

2020-05-29

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2020): Mei

Articles

Downloads

How to Cite

Nurkhasanah, A. S., Haris, M., & Siahaan, J. (2020). Pengaruh Jurnal Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Hidrokarbon. Chemistry Education Practice, 3(1), 1–4. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1546

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jurnal belajar dan perbedaan antara pembelajaran menggunakan jurnal belajar dengan pembelajaran tanpa menggunakan jurnal belajar terhadap hasil belajar kimia materi hidrokarbon pada siswa kelas XI MIA SMAN 8 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only-nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 8 Mataram. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 2 dan XI MIA 4 yang ditentukan melalui teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jurnal belajar dan variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia siswa dalam ranah kognitif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian posttest dalam bentuk tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji U-test dengan pengambilan keputusan didasarkan pada uji hipotesis dua pihak. Uji U-test digunakan untuk menganalisis data hasil belajar kimia siswa, didapatkan Zhitung (3,39) > Ztabel (1,64). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan jurnal belajar pada pelajaran kimia materi hidrokarbon memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa menggunakan jurnal belajar pada siswaà kelas XI MIA SMAN 8 Mataram.

à

Kata kunci : jurnal belajar, hasil belajar, materi hidrokarbon

References

Anggraini, S.D. 2010. Pengaruh Penerapan Jurnal Belajar dalam Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Sungai Penuh. FKIP Universitas Jambi.

Ardiyansyah, A., Junaidi, E., dan Hadisaputra, S. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Chemistry Education Practice. 2(2): 44-48.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi 2010). Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2013. Reliabiltas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Darmawan, D. dan Permasih. 2013. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Lianto., Jufri, A. W., dan Merta, I W. 2018. Pemanfaatan Model Jurnal Belajar Kotak Berhias Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. (1). 500-504.

Muhsin, L. B., Sukib., dan Laksmiwati, D. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berpikir Bicara Menulis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Koloid. Jurnal Chemistry Education Practice. 2(2): 36-43.

Ross, N. 2011. Reflective Writing: An Approach to Developing Critical Thinking and Proficient Writing. Thesis. United States Military Academic.

SSudjana, N. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunyono., Wirya, I W., Suyanto, E., dan Suyadi, G. 2009. Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia Kelas X di Propinsi Lampung. FKIP Universitas Bandar Lampung.

Supriadi, S., Ibnu, S., & Yahmin, Y. (2018). Analisis model mental mahasiswa pendidikan kimia dalam memahami berbagai jenis reaksi kimia. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 1-5.

Wati, A., Sutopo., dan Susilo H. 2016. Implementasi Jurnal Belajar Dalam Pembelajaran Sains. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. (l): 856-864.

Author Biographies

Annisa Septian Nurkhasanah, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Mukhtar Haris, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Jeckson Siahaan, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>