Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020 pada Materi Larutan Penyangga

Mawaddatun Warahmah, Rahmawati Rahmawati, Jeckson Siahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MS SMA Negeri 1 Kediri pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dalam bentuk posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MS SMA Negeri 1 Kediri. Metode pengambilan sampel menggunakan metode random sampling, menghasilkan kelas XI MS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MS 2 sebagai kelas control. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan memggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam bentuk ceramah dan tanya jawab. Uji hipotesis menggunakan Uji Non-Parametris Mann-Whitney U-Test yang mengacu pada nilai Ztabel (Zα)  pada taraf signifikan 0,05 uji pihak kanan, diperoleh Zhitung (1,92) > Ztabel (1,64) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka penerapan model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Kelas XI MS SMA Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2019/2020 pada materi larutan penyangga.

Kata Kunci: PBL, berpikir kritis, larutan penyangga.

Full Text:

PDF

References

Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan model PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan akademik siswa pada materi biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(01).

Ariani, S., Effendy, E., & Suharti, S. (2020). Model Mental Mahasiswa Pada Fenomena Penghilangan Karat Melalui Elektrolisis. Chemistry Education Practice, 3(2), 55-62.

Fitriani, F., Loka, I. N., Junaidi, E., & Al-Idrus, S. W. (2019). Studi Komparasi Pengaruh Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Self Regulated Learning (SRL) Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 6-11.

Halim, A., Suriana., Mursal. 2017. “Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika”. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 3 (1): 1-10.

Haryadi, Sandi., Ery Tri Djatmiko., Punadji Setyosari. 2016. “Pembelajaran Tematik dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD”. Jurnal pendidikan. 1 (1): 1-10.

Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan, J. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.

Loka, I. N., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pembelajaran Terpadu Kemampuan Berpikir Kritis. Chemistry Education Practice, 2(2), 29-35.

Munandar, Haris., Hijrah Syam. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pokok Asam Basa Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Parepare”. Jurnal Sainsmat. 6 (2) : 10-17.

Muspita, Z., Lasmawan, W., & Sariyasa, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Aikmel (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Priyasmika, Rendy. 2019. “Perbandingan Strategi Inkuiri Terbimbing Dengan Problem Solving Terhadap Pemahaman Konseptual dan Algoritma Siswa Dengan Kemampuan Berpikir Ilmiah Rendah”. Jurnal ED-Humanistics. 4 (1): 485-494.

Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 132-141.

Rosyid, M. Z., Mansyur, M., IP, S., & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.

Sastrika, Ida Ayu Kade., I Wayan Sadia., I Wayan Muderawan. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis”. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1): 1-10.

Suwarsi, S., Mukti, Z., & Prabowo, A. (2018, February). Meningkatkan Keterampilan HOTS Siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam Pembelajaran PBL. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 248-255).

Wulandari, Rizki., Sri Wardhani., Sulton Nawawi. 2020. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Keanekaragaman Hayati”. Jurnal Pendidikan. 3 (1): 45-53.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.