Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020 pada Materi Larutan Penyangga

Authors

Mawaddatun Warahmah , Rahmawati Rahmawati , Jeckson Siahaan

DOI:

10.29303/cep.v4i1.2200

Published:

2021-05-30

Issue:

Vol. 4 No. 1 (2021): Edisi Mei

Articles

Downloads

How to Cite

Warahmah, M., Rahmawati, R., & Siahaan, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020 pada Materi Larutan Penyangga. Chemistry Education Practice, 4(1), 73–76. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MS SMA Negeri 1 Kediri pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dalam bentuk posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MS SMA Negeri 1 Kediri. Metode pengambilan sampel menggunakan metode random sampling, menghasilkan kelas XI MS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MS 2 sebagai kelas control. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan memggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dalam bentuk ceramah dan tanya jawab. Uji hipotesis menggunakan Uji Non-Parametris Mann-Whitney U-Test yang mengacu pada nilai Ztabel (Zñ)à pada taraf signifikan 0,05 uji pihak kanan, diperoleh Zhitung (1,92) > Ztabel (1,64) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka penerapan model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Kelas XI MS SMA Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2019/2020 pada materi larutan penyangga.

Kata Kunci: PBL, berpikir kritis, larutan penyangga.

References

Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan model PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan akademik siswa pada materi biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(01).

Ariani, S., Effendy, E., & Suharti, S. (2020). Model Mental Mahasiswa Pada Fenomena Penghilangan Karat Melalui Elektrolisis. Chemistry Education Practice, 3(2), 55-62.

Fitriani, F., Loka, I. N., Junaidi, E., & Al-Idrus, S. W. (2019). Studi Komparasi Pengaruh Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Self Regulated Learning (SRL) Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 6-11.

Halim, A., Suriana., Mursal. 2017. ââ¬ÅDampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Fisikaââ¬Â. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 3 (1): 1-10.

Haryadi, Sandi., Ery Tri Djatmiko., Punadji Setyosari. 2016. ââ¬ÅPembelajaran Tematik dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SDââ¬Â. Jurnal pendidikan. 1 (1): 1-10.

Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan, J. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.

Loka, I. N., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pembelajaran Terpadu Kemampuan Berpikir Kritis. Chemistry Education Practice, 2(2), 29-35.

Munandar, Haris., Hijrah Syam. 2017. ââ¬ÅPenerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pokok Asam Basa Untuk Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Parepareââ¬Â. Jurnal Sainsmat. 6 (2) : 10-17.

Muspita, Z., Lasmawan, W., & Sariyasa, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 1 Aikmel (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Priyasmika, Rendy. 2019. ââ¬ÅPerbandingan Strategi Inkuiri Terbimbing Dengan Problem Solving Terhadap Pemahaman Konseptual dan Algoritma Siswa Dengan Kemampuan Berpikir Ilmiah Rendahââ¬Â. Jurnal ED-Humanistics. 4 (1): 485-494.

Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 132-141.

Rosyid, M. Z., Mansyur, M., IP, S., & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.

Sastrika, Ida Ayu Kade., I Wayan Sadia., I Wayan Muderawan. 2013. ââ¬ÅPengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritisââ¬Â. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1): 1-10.

Suwarsi, S., Mukti, Z., & Prabowo, A. (2018, February). Meningkatkan Keterampilan HOTS Siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam Pembelajaran PBL. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 248-255).

Wulandari, Rizki., Sri Wardhani., Sulton Nawawi. 2020. ââ¬ÅPengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Keanekaragaman Hayatiââ¬Â. Jurnal Pendidikan. 3 (1): 45-53.

Author Biographies

Mawaddatun Warahmah, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Matarm

Rahmawati Rahmawati, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Matarm

Jeckson Siahaan, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Matarm

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>