Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Narmada Selama Pandemi Covid-19

Widya Hilalia Iswara, Muntari Muntari, Rahmawati Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kesulitan belajar kimia siswa, (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar kimia siswa, (3) hubungan antara faktor-faktor kesulitan belajar kimia siswa dengan hasil belajar kimia siswa kelas XII MIPA di SMAN 1 Narmada. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII MIPA tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 196 orang dan diambil 130 orang sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, angket tertutup dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan Microsoft Excel 2016 dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kesulitan belajar kimia siswa paling tinggi terdapat pada indikator ke-3 (menghitung tekanan uap larutan elektrolit)  pada soal nomor 4 sebesar 71,58% dengan kategori tinggi (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa ditinjau dari faktor internal yaitu faktor minat dengan sebesar 69,23%, dan faktor motivasi sebesar 51,53%, sedangkan pada faktor eksternal yaitu faktor keluarga sebesar 45,39%, faktor sekolah 42,30%, faktor masyarakat 49,23% dan faktor materi kimia sebesar 60,77%. (3) terdapat hubungan antara faktor-faktor kesulitan belajar kimia siswa dengan hasil belajar kimia siswa dengan koefisien korelasi 0,357.

Keywords

Kesulitan belajar, Identifikasi, Kimia

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsini. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azwar, S. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Basyari, Asyhar. (2013). Hubungan antara Minat dan Prestasi Belajar Sejjarah dengan Kesadaran Sejarah Siswa MAN Yogyakarta III. Skripsi:48.

Cahyati, Nika., Kusumah, Rita. 2020. Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, Vol. 04 (1): 152-159.

Dinatha, Ngurah Mahendra dan Laksana, Dek Ngurah Laba. 2017. Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Volume 2 Nomor 2, Hal: 214 – 223.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haris, Mukhtar., Al Idrus, Syarifa Wahidah. 2008. Analisis Kesulitan Belajar Ikatan Kimia Ditinjau Dari Kesalahan Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar MIPA, Vol. VI No.2, hal: 77-80.

Haris, Mukhtar; Muntari; dan Loka, I Nyoman. 2019. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Terpadu NHTdan TSTSdalam Mengatasi Kesulitan Belajar Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Pijar MIPA, Vol. 14 No.3, ha:123-127.

Prasetyaningtyas, Susi. 2020. Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Secara Online Selama Darurat Covid-19 Di Smp N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5 No. 1: 86-94.

Ristiyani, Erika dan Bahriah, Evi Sapinatul. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di Sman X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 2, No. 1, Hal: 18-29.

Rumansyah dan Irhasyuarna, Y. 2004. Penerapan Metode Latihan Bersturktur Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Persamaan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8(35): 172.

Sakti, Ela Lucy., Ulianas, Alizar. 2018. Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Sma Pada Materi Stoikiometri. Jurnal Residu, Vol 2 (10): 16-26.

Sari, Indria Ririn., Sumarmin, Ramadhan. 2019. Analisis Hubungan Minat Belajar dan Kesulitan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Padang. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi: 9-16.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2018. Penelitian Pendidikan metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumandi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Yakina., Kurniati, Tuti., Fadhilah, Raudhatul. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Di SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, Vol. 5 No. 2, Hal: 288-297.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.