Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Narmada Selama Pandemi Covid-19

Authors

Widya Hilalia Iswara , Muntari Muntari , Rahmawati Rahmawati

DOI:

10.29303/cep.v4i3.2694

Published:

2021-11-30

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2021): November

Keywords:

Kesulitan belajar, Identifikasi, Kimia

Articles

Downloads

How to Cite

Iswara, W. H., Muntari, M., & Rahmawati, R. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Narmada Selama Pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice, 4(3), 242–249. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2694

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kesulitan belajar kimia siswa, (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar kimia siswa, (3) hubungan antara faktor-faktor kesulitan belajar kimia siswa dengan hasil belajar kimia siswa kelas XII MIPA di SMAN 1 Narmada. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII MIPA tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 196 orang dan diambil 130 orang sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, angket tertutup dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan Microsoft Excel 2016 dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kesulitan belajar kimia siswa paling tinggi terdapat pada indikator ke-3 (menghitung tekanan uap larutan elektrolit)à pada soal nomor 4 sebesar 71,58% dengan kategori tinggi (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa ditinjau dari faktor internal yaitu faktor minat dengan sebesar 69,23%, dan faktor motivasi sebesar 51,53%, sedangkan pada faktor eksternal yaitu faktor keluarga sebesar 45,39%, faktor sekolah 42,30%, faktor masyarakat 49,23% dan faktor materi kimia sebesar 60,77%. (3) terdapat hubungan antara faktor-faktor kesulitan belajar kimia siswa dengan hasil belajar kimia siswa dengan koefisien korelasi 0,357.

References

Arikunto, Suharsini. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azwar, S. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Basyari, Asyhar. (2013). Hubungan antara Minat dan Prestasi Belajar Sejjarah dengan Kesadaran Sejarah Siswa MAN Yogyakarta III. Skripsi:48.

Cahyati, Nika., Kusumah, Rita. 2020. Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, Vol. 04 (1): 152-159.

Dinatha, Ngurah Mahendra dan Laksana, Dek Ngurah Laba. 2017. Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Volume 2 Nomor 2, Hal: 214 ââ¬â 223.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haris, Mukhtar., Al Idrus, Syarifa Wahidah. 2008. Analisis Kesulitan Belajar Ikatan Kimia Ditinjau Dari Kesalahan Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar MIPA, Vol. VI No.2, hal: 77-80.

Haris, Mukhtar; Muntari; dan Loka, I Nyoman. 2019. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Terpadu NHTdan TSTSdalam Mengatasi Kesulitan Belajar Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Pijar MIPA, Vol. 14 No.3, ha:123-127.

Prasetyaningtyas, Susi. 2020. Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Secara Online Selama Darurat Covid-19 Di Smp N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 5 No. 1: 86-94.

Ristiyani, Erika dan Bahriah, Evi Sapinatul. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di Sman X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 2, No. 1, Hal: 18-29.

Rumansyah dan Irhasyuarna, Y. 2004. Penerapan Metode Latihan Bersturktur Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Persamaan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8(35): 172.

Sakti, Ela Lucy., Ulianas, Alizar. 2018. Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Sma Pada Materi Stoikiometri. Jurnal Residu, Vol 2 (10): 16-26.

Sari, Indria Ririn., Sumarmin, Ramadhan. 2019. Analisis Hubungan Minat Belajar dan Kesulitan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Padang. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi: 9-16.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2018. Penelitian Pendidikan metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumandi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Yakina., Kurniati, Tuti., Fadhilah, Raudhatul. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Di SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, Vol. 5 No. 2, Hal: 288-297.

Author Biographies

Widya Hilalia Iswara, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Rahmawati Rahmawati, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.