Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA SMAN 1 Narmada

Authors

Famila Yahya , Muntari Muntari , Aliefman Hakim , Yunita Arian Sani Anwar

DOI:

10.29303/cep.v6i2.3332

Published:

2023-11-30

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi November

Keywords:

e-LKPD, Literasi Sains, Minat Belajar, Laju Reaksi

Articles

How to Cite

Yahya, F., Muntari, M., Hakim, A., & Anwar, Y. A. S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi Kelas XI IPA SMAN 1 Narmada. Chemistry Education Practice, 6(2), 262–269. https://doi.org/10.29303/cep.v6i2.3332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektivan e-LKPD berbasis literasi sains untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMAN 1 Narmada yang berjumlah 58 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. E-LKPD berbasis literasi sains pada materi laju reaksi berdasarkan penilaian validator oleh guru dan dosen kimia teruji valid dengan persentase 88,13% (sangat layak). Penilaian kepraktisan e-LKPD oleh guru kimia dan peserta didik kelas XI IPA 2 teruji praktis dengan persentase 83,89% (sangat praktis), serta mendapat respon baik dari peserta didik dengan persentase 82,21% (sangat baik). Hasil pengujian efektivitas e-LKPD berbasis literasi sains pada minat belajar siswa dengan uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 4,703 dengan ttabel sebesar 1,673 maka diperoleh thitung > ttabel. Hasil ini menunjukkan efektifitas peningkatan minat belajar kimia siswa dengan mengimplementasikan pembelajaran menggunakan e-LKPD berbasis literasi sains.

References

Aji, R. H. S. 2020. Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5):395-402.

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal pendidikan, 2(1):56-61.

Febriyanti, Elva. 2017. Pengembangan E-LKPD berbasis problem solving pada materi kesetimbangan kimia di SMAN 2 Kota Jambi.

Insani, N. F; & Sunarti, T. 2018. Keterlaksanaan model pembelajaran teknologi masyarakat untuk meningkatkan literasi sains dalam pembelajaran fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2):149-153.

Irmita, L. U. 2017. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran science technology society. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2):29-38.

Muntari; Akbar, K; Burhanudin; Kamarudin, L. 2021. Information and Communication Technology Based Learning in the 21st Century: New Challenges in Education Amid Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020), 556: 135-139.

Murti, K. E. 2015. Pendidikan abad 21 dan aplikasinya dalam pembelajaran di SMK. http://p4tksbjogja.com/arsip/images/Pendidikan%20Abad%2021. Diakses tanggal 4 Juli 2021.

Nakayama, M. & Yamamoto, H. 2007. The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal Elearning, 5(3):1-7.

Nisa, B. C; Suryati; & Dewi, C. A. (2018). Pengembangna bahan ajar kapra berbasis literasi sains pada materi laju reaksi untuk kelas XI SMA/MA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia "Hydrogen", 1(1):228-234.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaifudin, M. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Writing Revolutions.

Sudarmoyo. 2018. Pemanfaatan aplikasi sway untuk media pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3(4):346-352.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta Cv.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian dan pengembangan (research and development). Bandung: Alfabeta.

Author Biographies

Famila Yahya, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Yunita Arian Sani Anwar, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Famila Yahya, Muntari Muntari, Aliefman Hakim, Yunita Arian Sani Anwar

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.